Perdana, Paspampres Lakukan Apel Ganti Jaga Istana di Muka Umum

Prosesi merupakan pertama kali prosesi serah terima jaga Istana bisa disaksikan oleh masyarakat umum.

BERITA | NASIONAL

Minggu, 17 Jul 2016 13:32 WIB

Author

Ade Irmansyah

Perdana, Paspampres Lakukan Apel Ganti Jaga Istana di Muka Umum

Serah terima jaga istana. Foto: Ade Irmansyah/KBR

KBR, Jakarta - Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) melakukan prosesi pergantian pasukan penjaga di lingkungan Istana Kepresidenan di muka umum. Komandan Paspampres, Bambang Suswantono mengatakan, hal ini merupakan pertama kali prosesi serah terima jaga Istana bisa disaksikan oleh masyarakat umum.

"Pagi ini tanggal 17 juli 2016 kita gelar satu prosesi acara serah terima jaga istana, ini sesuai petunjuk dan arahan bapak presiden. Bagaimana melihat di luar negeri pasukan jaga istana mereka serah terima di depan masyarakat," ujarnya.

Kata dia, serah terima jaga istana akan dilakukan rutin pada pekan kedua setiap bulannya. Tujuannya, kata dia, selain untuk wisata masyarakat, kegiatan ini diharapkan dapat membuktikan bahwa Paspampres tidak eksklusif dan arogan.

"Kita tunjukkan kepada masyarakat bahwa kita punya, serah terima jaga istana yang dilakukan setiap bulan minggu kedua. Kebetulan minggu kedua kali ini  hari minggu. Kita upayakan bisa pada hari libur karena kalau hari biasa kami akan menutup lalu litas. Sehingga kita harapkan bisa dinikmati masyarakat, terutama pada hari minggu.  Selain itu juga untuk mendekatkan istana kepada masyarakat hari ini juga banyak masyarakat melihat dan mereka bisa berforo bersama dengan anggota Paspampres yang selama ini garang dan kelihatan garang, tapi masyarakat bisa berfoto dan lebih dekat," tambahnya.


Bambang Suswantono menambahkan akan melihatkan prosesi-prosesi lainnya kepada masyarakat pada masa mendatang. Semisal "Parade Senja" yang bakal digelar setiap tanggal 17 setiap bulannya.

"Kebetulan yang akan kami tampilkan tidak sekadar jaga istana saja. Tapi ada yang lain, bagaimana masyarakat bisa menghormati bendera, saat naik jam 6 pagi dan penurunan. Kita akan upacarakan setiap pagi dan sore. Saat penaikan dan penurunan, masyarakat akan berhenti untuk menghormati bendera. Akan dimulali minggu ini. Akan ada parade senja yang dilaksakanakan setiap tanggal 17 setiap bulan. Kebetulan hari ini kita akan laksanakan, karena melibatkan banyak unsur, seperti para siswa yang belum masuk sekolah, maka mohon maaf bulan ini belum bisa dilaksanakan. Tapi kita upayakan semaksimal mungkin kita tampilkan di istana parade senja," jelasnya.


Editor: Sasmito

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Tetap Aman dan Sehat Beraktivitas Saat Pandemi

Catatan Vaksin Mandiri

Wapres Bicara Vaksinasi untuk Lansia