Ketua KPU Husni Kamil Dipandang Berintegritas

Mendiang Ketua KPU Husni Kamil Manik dipandang sebagai sosok yang sabar dan berintegritas dalam kepemimpinannya.

BERITA | NASIONAL

Jumat, 08 Jul 2016 10:39 WIB

Author

Ninik Yuniati

Ketua KPU Husni Kamil Dipandang Berintegritas

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik. Foto: ANTARA

KBR, Jakarta - Mendiang Ketua KPU Husni Kamil Manik dipandang sebagai sosok yang sabar dan berintegritas dalam kepemimpinannya. Komisioner KPU, Arief Budiman mengatakan, selama memimpin lembaga penyelenggara pemilu sejak 2012 lalu, Husni mampu menjadi jembatan ketika terjadi perbedaan pendapat di internal.

"Dia seringkali mampu membuat kebijakan yang kemudian semua kawan bisa menerima, dia bisa sangat pelan sabar mengakomodasi semua pendapat, lalu diambil keputusan yang tepat," kata Arief di rumah duka, Pejaten, Pasar Minggu, Jaksel, (8/7/2016).

Arief juga terkesan dengan ketenangan Husni dalam mengelola segala masalah yang muncul selama pelaksanaan pemilu, terutama pemilu legislatif.

"Ketika kita melakukan rekap hasil Pileg, saya khawatir beliau keras, emosional. Tapi ternyata justru yang agak emosi saya, terhadap komentar-komentar dari para peserta pemilu. Itu yang saya belajar bnyak jangan ambil keputusan tergesa-gesa dan jangan emosional," kisahnya.

Husni, kata Arief bersemangat untuk membangun KPU agar menjadi lembaga yang independen dan disegani.

"Beliau banyak mencontohkan bagaimana KPU ke depan, misalnya KPU harus menjadi lembaga yang makin mandiri, makin kuat dia harus bisa disegani di antara sesama lembaga negara," tambahnya.

Sewaktu buka bersama terakhir pada momen ramadhan lalu, Husni sempat memberikan tausiyah di hadapan seluruh staf KPU. Husni berpesan agar menjaga kekompakan agar menjaga integritas lembaga.

"Pesan dia, ya kita kerja harus kompak. Jadi jangan bertikai, jangan bekerja sendiri-sendiri. Intinya membangun integritas KPU, harus dilakukan bersama-sama," ujar Arief.

Sementara Kapolri Badrodin Haiti menyebut di bawah kepimpinan Husni, relasi KPU dan kepolisian cukup erat.

"Beliau cukup baik karena kita bermitra dengan beliau dalam rangka pengamanan pemilu presiden dan wapres, juga legislatif," kata Badrodin.

Husni Kamil Manik meninggal dunia kemarin malam pukul 21.07 WIB di RSPP Pertamina karena gagal nafas. Jenazah akan dimakamkan di TPU Jeruk Purut Jakarta Selatan siang ini.

Sebelum menjadi Ketua KPU, Husni menjabat sebagai Komisioner KPU Sumatera Barat.



Editor: Quinawaty 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Upaya Muslimah Bercadar Kikis Stigma (Bag 1)

Kabar Baru Jam 8

Menyoal Jaminan Kebebasan Warga, Apapun Agamanya

Kabar Baru Jam 10