BERITA

Kemendikbud Bantah Turki Soal Sekolah Gulen

Kemendikbud Bantah Turki Soal Sekolah Gulen
Ulama Turki Fethullah Gulen. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan tidak ada sekolah di Indonesia yang memiliki hubungan dengan kelompok Fethullah Gulen. Juru bicara Kemendikbud, Asianto Sinambela mengatakan, kepastian tersebut diperoleh setelah lembaganya melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah yang dituding berkaitan dengan Gulen. 

“Sebenarnya tidak ada kaitan dengan kelompok atau yayasan Gulen yang ada di Turki,” jelas Asianto, Sabtu (30/7/2016).

Ia menuturkan pada awalnya sekolah-sekolah yang ada di daftar kedutaan Turki bekerja sama dengan Gulen. Salah satunya yaitu  sekolah Kharisma Bangsa. Namun, kerja sama tersebut telah diputus sejak 2014 lalu.

“Kerjasamanya sudah diputus sejak tahun 2014. Jadi tidak ada lagi bantuan atau kerjasama dalam bentuk apapun.”

“Sekolah yang ada dalam daftar itu, semua sudah dikelola oleh yayasan nasional kita. Sebagian muridnya pun orang Indonesia,” tambah Asianto.

Baca: Sekolah Kesatuan Bangsa Yogyakarta Bantah Disebut Turki Terkait Gulen

Sebelumnya, rilis resmi dari Kedutaan Besar Turki untuk Indonesia menyebutkan 9 lembaga pendidikan di Indonesia diduga berafiliasi dengan Kelompok Gulen. Antara lain, Pribadi Bilingual Boarding School yang berada di Depok dan Bandung, Kharisma Bangsa Bilingual Boarding School di Tangerang Selatan, Semesta Bilingual Boarding School di Semarang, dan Kesatuan Bangsa Bilingual Boarding School di Yogyakarta.

Editor: Sasmito

  • sekolah gulen
  • Fethullah Gulen
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  • kemendikbud

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!