Bagikan:

Hari Terakhir Ramadan, 15 Ribu Orang Mudik dari Gambir

"Tidak ada istilah puncak di Gambir. Tidak ada. Yang ada rata, H-7 hingga H+7, rata-rata 14 sampai 15 ribu penumpang per hari," kata Sekretaris Perusahaan PT KAI Wawan Ariyanto.

BERITA | NASIONAL

Selasa, 05 Jul 2016 13:53 WIB

Hari Terakhir Ramadan, 15 Ribu Orang Mudik dari Gambir

Suasana di ruang tunggu Stasiun Kereta Api Gambir, Jakarta Pusat, pada arus mudik H-1 Lebaran, Selasa (5/7/2016). (Foto: Ade Irmansyah/KBR)

KBR, Jakarta - Stasiun Kereta Api Gambir menjadwalkan 27 pemberangkatan kereta reguler dan 16 pemberangkatan kereta tambahan pada H-1 Lebaran, Selasa (5/7/2016) hari ini.

Sekertaris Perusahaan PT KAI, Wawan Ariyanto mengatakan ditargetkan dari keseluruhan pemberangkatan tersebut, sebanyak 15 ribuan pemudik bisa diberangkatkan.

Namun hingga pukul 11:00 tadi baru sekitar lima ribu pemudik yang sudah diberangkatkan.

"Jadi untuk di stasiun Gambir ini sudah memberangkatkan untuk reguler ada 10 kereta. Dan untuk kereta tambahan sudah berangkat tiga kereta api. Total untuk hari ini dari stasiun Gambir sudah diberangkatkan kurang lebih lima ribu penumpang. Untuk hari ini diperkirakan seperti hari kemarin, berkisar antara 15 ribu penumpang," kata Wawan Ariyanto kepada KBR di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (5/7/2016).

Secara keseluruhan, Stasiun Gambir sudah memberangkatkan sebanyak 132.951 penumpang sejak 24 Juni lalu.

Kebanyakan pemudik pada hari ini berangkat menuju ke arah Jawa Tengah. Sebagian menuju Jawa Timur dan Jawa Barat.

Wawan Ariyanto memastikan ke depan tidak ada lonjakan jumlah pemudik yang berarti, baik keluar dari atau menuju Stasiun Gambir. PT KAI sudah mematok jadwal pemberangkatan tidak lebih dari 43 kali pemberangkatan dengan estimasi daya tampung penumpang 15 ribuan pemudik.

"Untuk kereta api sebenarnya kami rata setiap hari, karena kami mengangkut satu penumpang satu tempat duduk. Jadi tidak mungkin melebihi kapasitas daya angkut yang kami sediakan. Jadi, tidak ada istilah puncak. Tidak ada. Yang ada rata, mulai H-7 sampai nanti H+7 lebaran. Itu rata rata sama, kurang lebih untuk stasiun Gambir antara 14 ribu hingga 15 ribu penumpang perhari dari total 43 pemberangkatan," ujarnya.

Editor: Agus Luqman
 

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Cek Fakta: Benarkah China akan Ambil Alih Kalimantan?

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17