BERITA

H-1 Lebaran, Stasiun Pasar Senen Berangkatkan Puluhan Ribu Penumpang

"Sebagian besar pemudik menuju ke arah Jawa Tengah, disusul Jawa Timur dan Jawa Barat. "

Ade Irmansyah

H-1 Lebaran, Stasiun Pasar Senen Berangkatkan Puluhan Ribu Penumpang
Penumpukan Penumpang yang menunggu pemberangkatan di Stasiun Pasar Senen pada H-1 Lebaran. Foto: Ade Irmansyah/KBR

KBR, Jakarta - Stasiun Pasar Senen, Jakarta akan memberangkatkan sekitar 24 ribu pemudik pada H-1 Lebaran, hari ini. Senior Manager PT KAI Daop I, Bambang S Prayitno mengatakan, mereka akan dijadwalkan melalui 26 pemberangkatan kereta dan 6 jadwal pemberangkatan tambahan pada hari ini.

Menurutnya, jadwal tambahan diperlukan karena ada lonjakan penumpang yang signifikan pada H-1 lebaran 2016.

"Iya pada hari ini kita operasikan ada 26 perjalanan yah, seperti kemarin kita juga ada 26 perjalanan. Dan juga ada enam perjalanan kereta tambahan itu kita siapkan. Pasar Senen ini rata-rata per harinya weekday itu 18 ribuan. Tetapi untuk masa Lebaran ini bisa mencapai tertingginya 24 ribuan penumpang seperti tadi malam kita clossing untuk hari kemarin itu 24 ribuan pemberangkatan dari pasar Senen. Itu artinya di sini penambahannya cukup tinggi karena memang ada kereta tambahan," ujarnya kepada KBR di stasiun pasar Senen, Jakarta.

Kata dia, data pemberangkatan hingga pukul 09:00 WIB pagi tadi sudah mencapai 7.500an penumpang. Sebagian besar pemudik menuju ke arah Jawa Tengah, disusul Jawa Timur dan Jawa Barat.

"Kalau destinasinya umumnya ini Mereka tujuannya Jawa tengah sebelah barat. Misalnya ke Kroya, Kutoarjo kemudian juga ke Purwokerto, Jogja Solo Semarang Kediri sebagian lagi ke Surabaya. Kalo ke Jawa timur sebetulnya masih tidak begitu ya tapi umum yang paling banyak ini ya Jawa tengah," imbuhnya.

Bambang S Prayitno menambahkan pemudik sudah berdatangan jauh sebelum waktu pemberangkatan. Akibatnya Stasiun Pasar Senen terlihat dipadati para calon penumpang. 

"Ini sebetulnya yang dikatakan landai ya karena apa, ini sebentar lagi masuk dan ini mulai juga karena keretanya satu jam sebelum keberangkatan kita buka kemudian mereka yang datang lagi bisa menunggu lagi disini. Cuma kita harus pahami juga stasiun pasar Senen ini berbeda dengan stasiun Gambir segmentasi nya terutama. Oleh karena nya banyak mereka yang datang ke sini cenderung datang lebih awal padahal jadwal keberangkatannya masih lama," tambahnya.

Jumlah volume penumpang kereta api diperkirakan meningkat sebanyak 5% dalam musim mudik tahun ini. Kenaikan ini terjadi karena adanya peralihan pemilihan moda transportasi untuk mudik. 

Editor: Sasmito

  • Musim Mudik 2016
  • Idul Fitri
  • kereta api

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!