BERITA

Dampak Positif Tax Amnesty Mulai Terasa di Perdagangan Saham BEI

"Rekor tertinggi sebelumnya dicapai tahun lalu dimana market capital BEI mencapai Rp5,5 triliun."

Dampak Positif Tax Amnesty Mulai Terasa di Perdagangan Saham BEI
Seorang karyawan mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (11/7). Perdagangan bursa saham di IHSG mencapai rekor sejak pemberlakuan tax amnesty p



KBR, Jakarta - Bursa Efek Indonesia mencatat frekuensi perdagangan saham mencapai rekor tertinggi pada Rabu (20/7/2016).

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio, mengatakan hal ini dipengaruhi sentimen positif dari kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty).


"Dampak positifnya sudah terasa di bursa. Minggu kemarin bursa all time high mengalahkan semua negara ASEAN. Kita naik 377 ribu per hari. Frekuensi Singapura hanya 74 ribu per hari, sementara Malaysia 163 ribu," kata Tito Sulistio di gedung DPR, Rabu(20/7/2016).


Tito menambahkan nilai kapitalisasi pasar PT BEI pada Rabu ini juga berada di puncak. Catatan BEI menunjukkan nilai kapitalisasi pasar hari ini berada di angka Rp5,6 triliun dengan nilai tukar rupiah di angka Rp13.100 per dolar AS.


Rekor tertinggi sebelumnya dicapai tahun lalu dimana market capital BEI mencapai Rp5,5 triliun. Tito berharap angka ini bisa naik sampai Rp5,9 triliun menyamai perbankan.


Baca: Hingga Juli, 108 Triliun Dana Asing Masuk

Menurutnya, pasar masih optimis banyak dana masuk ke Indonesia dengan kebijakan tax amnesty.


Tito mengklaim BEI sudah keliling untuk mengecek potensi pasar sekunder di beberapa negara. Tito mengatakan potensi pasar sekunder saat ini di kisaran Rp6 triliun hingga Rp7 triliun.


Pemerintah mulai memberlakukan kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) mulai 18 Juli lalu.


Baca: Tiga Keuntungan Pemberlakuan Tax Amnesty

Editor: Agus Luqman

 

  • dampak tax amnesty
  • tax amnesty
  • Bursa Efek Indonesia
  • rekor PT BEI
  • dana masuk Indonesia
  • bursa perdagangan saham

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!