BERITA

Cek Angkutan Mudik, Kemenhub: 100 Persen Pesawat dan 90 Persen Bus Laik Jalan

"Staf khusus Menteri Perhubungan Hadi Mustofa menjelaskan, sebelumnya Kemenhub menemukan 10 dari sekitar 529 unit pesawat tak laik beroperasi. "

Ninik Yuniati

Cek Angkutan Mudik, Kemenhub: 100 Persen Pesawat dan 90 Persen Bus Laik Jalan
Direktur Jenderal Perhubungan Udara Suprasetyo (kedua kanan) memeriksa roda pesawat maskapai Garuda Indonesia di terminal 2F, bandar udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta - Kementerian Perhubungan menyatakan seluruh pesawat angkutan mudik dalam kondisi laik jalan.

Staf khusus Menteri Perhubungan Hadi Mustofa menjelaskan, sebelumnya Kemenhub menemukan 10 dari sekitar 529 unit pesawat tak laik beroperasi. Namun, setelah dilakukan perbaikan, kesepuluh pesawat tersebut diizinkan melayani saat mudik lebaran tahun ini.

"Sudah kan waktu itu kita beri waktu sampai 24 Juni, semua sudah harus laik kalau tidak laik tidak boleh digunakan, ternyata 10 pesawat sudah bisa digunakan," kata Hadi ketika dihubungi KBR, Sabtu (2/7/2016).

Hadi Mustofa menambahkan, pihaknya juga telah memeriksa sekitar 15 ribu angkutan bus antarkota antarprovinsi (AKAP). Hasilnya, 90 persen dari kendaraan tersebut dinyatakan laik jalan.

Baca Juga:

Dia pun mengungkapkan, hingga H-4 lebaran atau Sabtu (2/7/2016) hari ini, belum ada keluhan terkait kekurangan armada. Namun, apabila dibutuhkan, Kementerian Perhubungan telah menyiagakan bus pariwisata.

"Kami bisa kerahkan armada bus pariwisata, kita sudah koordinasi, (jumlahnya--Red) 20 persen dari total lah," ujar dia.

Menurut Hadi, pengecekan angkutan lebaran tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kata dia, sejak awal Juni kementerian memeriksa satu per satu angkutan di semua moda transportasi. Sedangkan pada tahun-tahun sebelulmnya, pengecekan hanya dilakukan dengan metode sampling.

"Target kami kan zero accident untuk transportasi umum. Kami berharap dengan pemeriksaan yang menyeluruh terhadap semua moda transportasi, akan bisa mencapai target tersebut," jelasnya.

Baca Juga: Organda Pastikan Seluruh Kendaraan Mudik Sudah Dicek

Selain itu, kata dia, Kemenhub juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh awak transportasi.

"Kami menunggu mereka di terminal, bandara, tim dari perhubungan maupun secara sampling dilakukan oleh BNN, memeriksa seluruh awak transportasi tsb," pungkasnya.




Editor: Nurika Manan

  • cek angkutan
  • Angkutan Lebaran
  • angkutan mudik 2016
  • Staf Khusus Menteri Perhubungan Hadi Mustofa Djuraid
  • kementerian perhubungan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!