Antisipasi Arus Balik, Pertamina Tambah Mobil Tangki BBM

Pertamina akan memperkuat koordinasi dengan kepolisian agar pengawalan terhadap mobil tangki dan mobil pick-up penjual BBM keliling makin baik dalam menembus macet.

BERITA | NASIONAL

Senin, 04 Jul 2016 13:12 WIB

Author

Dian Kurniati

Antisipasi Arus Balik, Pertamina Tambah Mobil Tangki BBM

Ratusan pemudik memadati SPBU Gempol Sari, Subang, Jawa Barat, Sabtu (2/7/2016). Pertamina menyebutkan stok pertamina di SPBU cepat habis di musim mudik lebaran. (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - PT. Pertamina berencana menambah kantong stok bahan bakar minyak (BBM) untuk mengantisipasi kebutuhan pemudik pada arus balik, pekan depan.

Juru bicara PT Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan Pertamina akan menambah mobil tangki yang disiagakan untuk mengangkut kebutuhan bahan bakar. Selain itu, Pertamina juga akan berkoordinasi dengan Kepolisian juga memperkuat pengawalan mobil tangki itu.

"Kami kan harus memitigasi sampai arus balik, yang menjadi prioritas kami. Kami sudah mapping (memetakan) lokasi yang kami perkirakan terjadi kepadatan di sana. Kami akan tambahkan, yang tadinya hanya satu mobil tangki untuk kantong BBM, tambahkan dua. Kami juga harus memastikan bahwa nanti polisi-polisi yang akan mengawal, sudah kami berikan informasi tentang lokasi atau jalur-jalur yang harus dikawal," kata Wianda kepada KBR, Senin (4/7/2016).

Juru bicara PT Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, kebutuhan bahan bakar pada masa mudik ini sangat besar, sehingga stok di stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) bisa cepat habis.

Karena itu, mobil tangki Pertamina harus cepat masuk ke dalam kemacetan agar bisa mengambil stok di terminal penyimpanan.

Meski sudah mendapat pengawalan Kepolisian, mobil tangki tetap akan mengalami kemacetan. Sehingga, Pertamina akan memperkuat koordinasi dengan kepolisian agar pengawalan terhadap mobil tangki dan mobil pick-up penjual BBM keliling semakin baik.

PT Pertamina memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada H-4 Lebaran dan arus balik pada H+4 Lebaran. Meski begitu, kata Wianda, satuan tugas Pertamina sudah mempersiapkan kebutuhan bahan bakar sejak H-15 hingga H+15 Lebaran.

Pada arus balik nanti, sebelum memasuki pintu masuk tol, pemudik akan diberi imbauan agar mengisi penuh tangki bahan bakar di kendaraannya. Itu disebabkan pemudik harus menempuh perjalanan jauh sebelum bertemu kembali dengan SPBU.

Wianda mencontohkan, pemudik harus menempuh perjalanan sekitar 60 kilometer untuk mencapai pintu keluar tol Brebes, apalagi dalam keadaan macet.

Pada masa mudik dan balik Lebaran ini, Pertamina mengklaim stok bahan bakar aman. Pertamina sudah menyiapkan stok bahan bakar dengan ketahanan pasokan melebihi hari biasa. Untuk BBM jenis Premium stok tersedia selama 21 hari, solar 26 hari, kerosene 54 hari, Pertamax 22 hari, Pertamax Plus 21 hari, dan Pertamina Dex 83 hari.

Pertamina juga menyiapkan Pertamax dalam kemasan ukuran 1, 2 5, dan 10 liter. Pertamax kemasan itu bisa dibeli di setiap SPBU yang dilewati pemudik atau mobil pick up keliling.

Editor: Agus Luqman
 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Ketika Seniman Teriak Anti Korupsi Lewat Karya

Hari Hak Asasi Manusia, Apa yang Diinginkan Keluarga Korban Pelanggaran HAM?

Kabar Baru Jam 8