BERITA

Tiga Helikopter Digunakan untuk Padamkan Api di Riau

Persiapan BNPB lakukan water bombing. Foto: Antara
Persiapan BNPB lakukan water bombing. Foto: Antara

KBR,Jakarta- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau hari ini menggunakan tiga helikopter untuk melakukan pemadaman api (Water Bombing) di beberapa titik lokasi terjadinya kebakaran lahan. Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger mengatakan, helikopter itu berkapasitas 3500 liter, sementara dua helikopter lainnya yang merupakan bantuan swasta berkapasitas 600 liter per sekali pemboman. Ia mengklaim, saat ini titik panas sudah menurun di sana.

"Tetap. Kita tetap memerlukan water bombing. Karena kan dengan adanya el nino ini musik kemarau kan belum habis. Jadi, kita lebih baik sebelumnya kita siapkan, makanya saya polanya sekarang sosialisasi kepada seluruh komponen untuk jangan membakar lahan dan hutan, dan nanti kami akan coba memonitor dengan ini," kata Edwar Sanger Rabu (15/7).


Edwar Sanger menambahkan, pihaknya hingga kini masih menunggu satu helikopter bantuan BNPB yang akan digunakan untuk membantu pemadaman api. Helikopter jenis Skorsky yang dengan kapasitas air 5 ribu liter itu hingga kini masih terkendala izin di Singapura. Pihaknya mengaku sudah minta ke BNPB untuk mengupayakan percepatan proses perizinan tersebut.


Editor: Rony Sitanggang

  • Water Bombing riau
  • pemadaman api riau
  • Edwar Sanger
  • tiga helikopter water bombing

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!