BERITA

Tahun Depan Menteri Susi Belanjakan 6 Triliun untuk Beli Kapal Produk Dalam Negeri

"Menteri Susi beli kapal produksi dalam negeri senilai Rp. 6 triliun."

Tahun Depan Menteri Susi Belanjakan  6 Triliun untuk Beli Kapal Produk Dalam Negeri
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti (Foto: Antara)

KBR, Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berencana   menghabiskan dana Rp. 6 triliun tahun depan, untuk memperkuat armada kapal perikanan Indonesia. Kata dia, dana tersebut akan dihabiskan untuk membeli kapal produksi dalam negeri, baik itu kapal tangkap maupun kapal angkut untuk nelayan.

“Seperti KKP ini untuk 2016 berencana belanja hampir Rp 6 triliun untuk kapal, Rp 4 triliun untuk kapal tangkap angkut untuk nelayan.  Jadi kita alokasikan 70 persen untuk stakeholder baik budidaya maupun tangkap makanya kita spend hampir Rp 6 triliun untuk kapal saja,” jelas Susi dalam jumpa pers di Ruang Rapat Mina Bahari 1, Gedung KKP, Rabu (1/7/2015).


Menurut Susi, kapal-kapal tersebut akan dibeli dari  PT. Penataran Angkatan Laut (PT. Pal) Indonesia dan juga dari galangan-galangan kapal yang tersebar di sejumlah galangan, seperti di Batam, Jakarta, dan Surabaya. Susi mengatakan untuk tahun depan telah memesan hampir 5.000 kapal produksi dalam negeri, mulai dari kapal berukuran kecil yaitu 5 Gross Ton (GT) hingga 1.000 GT.  


“Galangan kapal kita sudah mampu membuat kapal berkapasitas sampai 50.000 GT jadi tidak ada alasan tidak bisa. Apalagi ada imbauan Presiden untuk menghidupkan kembali pemesanan kapal dalam negeri,” jelas Susi.  

Editor: Rony Sitanggang

  • Susi Pudjiastuti
  • pembelian kapal
  • PT. Penataran Angkatan Laut (PT. Pal)
  • Rp 6 triliun untuk kapal

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!