covid-19

Ribuan Tenaga Rehabilitasi Korban Narkoba Siap Akhir Juli

Saat ini para tenaga bantuan tersebut sudah menjalani pelatihan dan segera melakukan program magang.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 02 Jul 2015 14:49 WIB

Ribuan Tenaga Rehabilitasi Korban Narkoba Siap Akhir Juli

Ilustrasi Indonesia Bebas Narkoba 2015. Foto: Antara

KBR, Jakarta – Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa  menargetkan tenaga bantuan program rehabilitasi sosial untuk korban narkotika siap bertugas akhir bulan Juli nanti. Kata dia, sebanyak 500 konselor adiksi dan 700 pekerja sosial adiksi  ini  sudah menjalani pelatihan dan segera melakukan program magang.

“Karena Kementerian Sosial kan memang sudah dan sedang menyiapkan. Yang sedang itu trainingnya sudah, tapi magangnya belum. Akhir bulan ini saya rasa sudah selesai semua magang mereka. Jadi ada 500 konselor adiksi, dan 700 pekerja sosial adiksi, ini kita menyiapkan dari IPWL (Institusi Penerima Wajib Lapor) yang sudah ada,” jelas Khofifah dalam Kunjungan Kerja ke Rumah Tahanan Pondok Bambu, Jakarta Timur, Kamis (2/7/2015).

Total 1.200 tenaga bantuan tersebut merupakan implementasi dari mandat melaksanakan rehabilitasi sosial terhadap pecandu dan korban penyalahgunan narkotika, sesuai amanat UU No. 35 tahun 2009 tentang narkotika. Dimana program tersebut dilaksanakan di IPWL Kemensos yang dilaksanakan selama 6 bulan.

Sebelumnya, Kemensos telah menetapkan 118 lembaga rehabilitasi sosial sebagai IPWL melalui SK Mensos No. 41/HUK/2015 tanggal 24 April 2015 untuk melaksanakan program rehabilitasi sosial 10 ribu pecandu melalui IPWL.

Editor: Malika

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7