BERITA

Rawan Terdampak Erupsi Gunung Sinabung, Tiga Desa Direlokasi

"Menurut Kepala Pos Pengamatan Gunung Sinabung, Armen Putra relokasi perlu dilakukan agar warga tidak terdampak erupsi. "

Sindu Dharmawan

Rawan Terdampak Erupsi Gunung Sinabung, Tiga Desa Direlokasi
Gunung Sinabung. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Tiga desa di kaki Gunung Sinabung, Sumatera Utara direkomendasi untuk direlokasi karena terlalu dekat dengan daerah rawan terdampak erupsi. Tiga desa itu adalah Merdinding, Sigarang-garang dan Sukanalu. Menurut Kepala Pos Pengamatan Gunung Sinabung, Armen Putra relokasi perlu dilakukan agar warga tidak terdampak erupsi. 

"Sisi barat satu, dan sisi timur utara. Ya, berpotensi terdampak dan radiusnya juga terlalu dekat dengan gunung. Sudah kita lakukan koordinasi dengan pemda dan BPBD setempat. Tanggapannya baik, dan mungkin mereka akan lakukan segera, dan sosialisasikan segera," kata Armen (7/7/2015).


Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Karo, Sumatera Utara berencana merelokasi sejumlah desa akibat erupsi Gunung Sinabung. Juru bicara Kabupaten Karo, Kenan Ginting mengatakan, relokasi terhadap 10 desa ini akan melalui tiga tahap pembangunan.

Tahap pertama dilakukan untuk tiga desa terdekat dengan Gungung Sinabung. Kemudian disusul empat desa dan diakhiri tiga desa lainnya. Relokasi 10 desa tersebut diperkirakan memakan waktu selama satu tahun.


Editor: Quinawaty Pasaribu

  • Gunung Sinabung
  • Relokasi warga
  • erupsi Gunung Sinabung
  • Pos Pengamatan Gunung

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!