Rawan Terdampak Erupsi Gunung Sinabung, Tiga Desa Direlokasi

Menurut Kepala Pos Pengamatan Gunung Sinabung, Armen Putra relokasi perlu dilakukan agar warga tidak terdampak erupsi.

BERITA | NASIONAL

Rabu, 08 Jul 2015 07:26 WIB

Author

Sindu Dharmawan

Rawan Terdampak Erupsi Gunung Sinabung, Tiga Desa Direlokasi

Gunung Sinabung. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Tiga desa di kaki Gunung Sinabung, Sumatera Utara direkomendasi untuk direlokasi karena terlalu dekat dengan daerah rawan terdampak erupsi. Tiga desa itu adalah Merdinding, Sigarang-garang dan Sukanalu. Menurut Kepala Pos Pengamatan Gunung Sinabung, Armen Putra relokasi perlu dilakukan agar warga tidak terdampak erupsi. 

"Sisi barat satu, dan sisi timur utara. Ya, berpotensi terdampak dan radiusnya juga terlalu dekat dengan gunung. Sudah kita lakukan koordinasi dengan pemda dan BPBD setempat. Tanggapannya baik, dan mungkin mereka akan lakukan segera, dan sosialisasikan segera," kata Armen (7/7/2015).

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Karo, Sumatera Utara berencana merelokasi sejumlah desa akibat erupsi Gunung Sinabung. Juru bicara Kabupaten Karo, Kenan Ginting mengatakan, relokasi terhadap 10 desa ini akan melalui tiga tahap pembangunan.

Tahap pertama dilakukan untuk tiga desa terdekat dengan Gungung Sinabung. Kemudian disusul empat desa dan diakhiri tiga desa lainnya. Relokasi 10 desa tersebut diperkirakan memakan waktu selama satu tahun.


Editor: Quinawaty Pasaribu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Saga Akhir Pekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18