BERITA

Peringati Hari Hepatitis Sedunia, Pemerintah Diminta Sediakan Obat Murah

"Koalisi Obat Murah (KOM) lakukan aksi damai menuntut pemerintah sediakan obat murah untuk penderita Hepatitis C. "

Ilustrasi foto: Antara
Ilustrasi foto: Antara

KBR,Jakarta- Koalisi Obat Murah (KOM) melakukan aksi damai menuntut pemerintah menyediakan obat murah untuk penderita Hepatitis C. Aksi ini sekaligus untuk memperingati Hari Hepatitis sedunia yang jatuh pada hari ini. Juru bicara KOM, Aditya Wardhana mengatakan, Kemenkes dan BPOM harus segera mengadakan obat Hepatitis C jenis baru, Sofosbuvir, yang jauh lebih murah dan memiliki tingkat kesuksesan diatas 90 %.

“Obat ini jauh lebih murah dengan success rate lebih tinggi, sehingga kami di hari hepatitis sedunia ini ingin menyampaikan aspirasi kami. Satu paket ini 265 dolar, jauh lebih murah daripada obat versi sebelumnya. Jadi tidak ada implikasi biaya dengan menggunakan obat ini sebagai obat program,” jelas Aditya Wardhana saat mediasi di Kemenkes, Selasa (28/07/2015).


Untuk diketahui, Indonesia tercatat sebagai negara dengan penderita hepatitis C terbesar kelima sedunia, dengan jumlah penderita 2 juta orang lebih dan estimasi 43 orang meninggal setiap harinya. Meski pengobatan Hepatitis C sudah masuk dalam tanggungan JKN, kebutuhan obat baru, Sofosbuvir masih tetap dibutuhkan.

Editor: Malika

  • hepatitis C
  • Hari Hepatitis sedunia
  • Juru bicara KOM
  • Aditya Wardhana
  • obat Hepatitis C

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • renah9 years ago

    salam sehat. kami siap membantu bagi saudara yy membutuhkan my sofosbuvir 400 mg 28 tablet bagi yy membutuhkan silakan di email ke. [email protected]