Pemerintah Bisa Tutup Situs Berkonten Bajakan

Menkominfo, Rudiantara, mengatakan pemerintah menerima aduan dari pemilik hak cipta yang karyanya disebarkan tanpa izin.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 02 Jul 2015 21:20 WIB

Author

Rio Tuasikal

Pemerintah Bisa Tutup Situs Berkonten Bajakan

Ilustrasi foto: Antara

KBR, Jakarta - Pemerintah kini bisa menutup situs internet yang menayangkan karya-karya bajakan. Hal ini disepakati dalam peraturan bersama Menteri Hukum dan HAM serta Menteri Komunikasi dan Informatika yang disahkan hari ini.

Menkominfo, Rudiantara, mengatakan pemerintah menerima aduan dari pemilik hak cipta yang karyanya disebarkan tanpa izin. Misalnya lagu, film, hak paten, dan karya intelektual lain. Aduan bisa disampaikan secara online.

Aduan akan diproses oleh Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham. Rekomendasi Kemenkumham akan menetapkan situs yang akan diblokir Kemenkominfo.

"Semuanya masuk sini, nanti kita terima dan tinggal kami eksekusi," jelas Rudiantara di Gedung Kemenkumham, Kamis (2/7/2015) sore.

"Bagi masyarakat, makin banyak kanal dan loket untuk mengadukan itu lebih bagus," jelasnya.

Rudiantara menambahkan, Kemenkominfo juga memiliki panel kekayaan intelektual untuk memberantas pembajakan di internet. Panel ini juga tetap bekerja menerima aduan serupa. Namun panel ini akan ditutup jika pengaduan ke Kemenkumham lebih efektif.

Editor: Malika


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Menteri Nadiem Makarim Diminta Kaji Ulang Kebijakan Kampus Merdeka