BERITA

Pemerintah Ajukan Bebas Visa ke Negara-negara Schengen

"Permintaan tersebut telah diutarakan kepada Wakil Presiden Komisi Eropa, Frans Timmermans dalam pertemuan bilateral 10 Juli lalu."

Ninik Yuniati

ilistrasi visa. Foto: Antara
ilustrasi visa. Foto: Antara

KBR,Jakarta- Pemerintah mengajukan permintaan bebas visa bagi warga negara Indonesia yang berkunjung ke negara-negara Schengen. Wilayah ini meliputi lebih dari 20 negara Eropa yang mengikat diri dalam perjanjian Schengen. 

Kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, permintaan tersebut telah diutarakan kepada Wakil Presiden Komisi Eropa, Frans Timmermans dalam pertemuan bilateral 10 Juli lalu. Selama pertemuan, Retno menjabarkan berbagai alasan agar permintaan bebas visa tersebut layak diterima. Di antaranya banyak warga negara di wilayah Schengen yang dibebaskan visa masuk ke Indonesia.

"Saya juga sampaikan data berapa rejection percentage dari aplikasi visa yang disampaikan ke kedutaan-kedutaan negara Schengen yang sangat kecil. Rejection rate-nya hanya sekitar 1 persen. Dengan semua data itu maka sudah sepantasnya Indonesia, WNI yang berkunjung untuk wisata dapat memperoleh bebas visa. Indonesia sudah memberikan bebas visa bagi negara Uni Eropa termasuk warga negara Schengen. Dari 45 negara yang sudah bebas visa, 15 di antaranya berarti sepertiga berasal dari wilayah Schengen," kata Retno di Kementerian Luar Negeri, Selasa (14/7/2015).


Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menambahkan, Uni Eropa menanggapi positif permintaan bebas visa ini dan akan segera menindaklanjuti. Ia mengaku tidak ada target khusus kapan bebas visa bisa diluluskan. Retno hanya berjanji akan terus mengupayakan hal tersebut seoptimal mungkin.

"Ini sudah digarap sejak lama dan akan kita garap lagi secara intensif baik melalui kedutaan di sini maupun kedutaan kita di negara Schengen dan Uni Eropa. Saya juga akan memanfaatkan setiap kali kesempatan dengan menlu untuk membicarakan hal itu," pungkas Retno.

Editor: Malika 

  • bebas visa
  • bebas visa ke schengen
  • Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
  • bebas visa bagi WNI

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!