BERITA

Pembakaran di Tolikara, Enam Polisi Diperiksa Polda Papua

Pembakaran di Tolikara, Enam Polisi Diperiksa Polda Papua

KBR, Jakarta- Kepolisian Daerah Papua memeriksa 15 saksi kerusuhan yang berujung pada pembakaran di Tolikara, Papua, Jumat lalu. Juru bicara Kepolisian Daerah Papua, Patrige Renwarin mengatakan, para saksi tersebut antara lain berasal dari jamaah dan anggota kepolisian yang bertugas. Meski begitu, kata dia, pihaknya mengaku belum menetapkan tersangka dari peristiwa tersebut.

"Ya jadi kita prosedural mekanisme. Jadi, untuk menuju kepada penetapan seseorang sabagai tersangka tentunya kita membutuhkan alat bukti yang cukup. Jadi, sementara ini telah dilakukan pemeriksaan untuk kasus dugaan pembakaran sudah ada 15 saksi yang diperiksa. Sembilan dari jamaah, kemudian enam dari anggota yang melakukan pengawalan pada saat pembakaran," jelasnya.


Sebelumnya, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah menerjunkan timnya ke Tolikara, Papua untuk mengetahui motif dan ada tidaknya pelanggaran HAM dalam kerusuhan tersebut. Tim yang diterjunkan itu berasal dari perwakilan Komnas HAM di Papua dan juga dari Jakarta. 

  • tolikara
  • komnas ham

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!