BERITA

Pasca Insiden Tolikara, PGI Segera Temui NU dan Muhammadiyah

"Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) akan temui beberapa tokoh agama Islam dan ketua ormas Islam dalam waktu dekat."

Jeirry Sumampow. Foto: Antara
Jeirry Sumampow. Foto: Antara

KBR,Jakarta- Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) akan menemui beberapa tokoh agama Islam dan ketua ormas-ormas  Islam dalam waktu dekat ini. Hal ini terkait peristiwa yang terjadi di Tolikara, Palu, Yogyakarta dan Jawa Tengah. Ketua Diakonia PGI Jeirry Sumampow mengatakan, pertemuan dialog itu berisi ajakan bersama untuk mengantisipasi merembetnya konflik tersebut di tempat lain.

"Teknisnya mungkin, rencananya sih kita akan datangi. Sekaligus silaturahmi pasca lebaran. Tapi, tidak menutup kemungkinan juga dikumpulkan bareng ya, sebagaimana yang dulu dilakukan oleh tokoh-tokoh agama, ataupun pimpinan-pimpinan ormas dulu. Yang kita rencanakan dengan NU dan Muhammadiyah, dua organisasi, dan mungkin MUI. Tapi, ini masih sedang diatur secara teknis waktunya," jelas Jeiry kepada KBR, Selasa (21/7/2015).


Pekan lalu, sebuah rumah ibadah di Tolikara, Papua, terbakar akibat amuk massa. Masjid itu terbakar dari kelompok massa yang mengamuk dan membakar kios di sekitar masjid. Berbagai versi soal penyebab pembakaran itu beredar. Salah satunya diduga dipicu rentetan tembakan aparat. DPR lantas minta pemerintah membentuk tim pencari fakta untuk menyelidiki insiden itu. Namun, belum kelar peristiwa Tolikara diusut kepolisian, beberapa gereja di tanah air, semisal Bantul, dan Purworejo diduga coba dibakar massa. Kasus ini juga tengah diselidiki kepolisian.  

Editor: Malika

  • PGI temui tokoh agama
  • Ketua Diakonia PGI Jeirry Sumampow
  • antisipasi bentrokan umat

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!