BERITA

NU : Polisi Tergesa-gesa Tetapkan KY Sebagai Tersangka

"Said Aqil berharap, kondisi persaingan antar lembaga hukum di Indonesia, sebagaimana terjadi antara Polri dengan KPK dan Komisi Yudisial, bisa segera diakhiri. "

NU : Polisi Tergesa-gesa Tetapkan KY Sebagai Tersangka
Ketua Umum PBNU, Said Aqiel Siradj, di Jombang. Foto: Muji Lestari KBR

KBR, Jombang – Bareskrim Polri dinilai terlalu tergesa-gesa untuk menetapkan dua orang petinggi Komisi Yudisial (KY) sebagai tersangka dalam kasus pencemaran nama baik Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Sarpin Rizaldi, selasa (14/7/15).

Hal itu dikatakan oleh Ketua Umum PBNU, Said Aqiel Siradj, saat meninjau sejumlah lokasi Pesantren yang dijadikan lokasi penginapan Muktamirin dan sidang komisi Muktamar, awal Agustus mendatang.

Kata Said Aqiel, penetapan tersebut sebagai keputusan yang emosional dan buru-buru. Ia khawatir, langkah Bareskrim Mabes Polri akan memunculkan kesan permusuhan antara Polri dengan lembaga hukum lainnya. 

“Ya perlu dibuktikan, tapi agak terburu-buru Polisi, saya kira terburu-buru kesannya, langsung dijadikan tersangka, benar apa nggak itu? Seharusnya kalau sesama instansi lembaga hukum ya jangan terburu-buru, nanti menimbulkan negatif seakan-akan Polisi selali berseberangan dengan lembaga hukum yang lain. Seakan-akan kalau begini kan kesanya hanya kesengajaan kriminalisasi,” Kata Said Aqiel.

Said Aqil berharap, kisruh antar lembaga hukum di Indonesia, sebagaimana terjadi antara Polri dengan KPK dan Komisi Yudisial bisa segera diakhiri.


Editor : Sasmito Madrim

  • Ketua Umum PBNU
  • Said Aqiel Siradj
  • pencemaran nama baik Hakim Sarpin
  • Hakim Sarpin Rizaldi
  • Komisi Yudisial

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!