BERITA

Mentan Klaim Produksi Padi Nasional Naik 5,5 Juta Ton

"Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman mengatakan, jumlah produksi padi tahun lalu sebanyak 70 juta ton sedangkan tahun ini meningkat menjadi 75,5 juta ton."

Adhar Muttaqin

Mentan Klaim Produksi Padi Nasional Naik 5,5 Juta Ton
Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen raya padi di Trenggalek (29/7/2015). Foto: Adhar Muttaqin KBR

KBR, Trenggalek - Kementerian Pertanian mengklaim jumlah produksi padi di tanah air tahun ini mengalami kenaikan 5,5 juta ton di banding tahun lalu atau tertinggi sejak sepuluh tahun terakhir. Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman mengatakan, jumlah produksi padi tahun lalu sebanyak 70 juta ton sedangkan tahun ini meningkat menjadi 75,5 juta ton. 

Peningkatan produksi padi tersebut salah satunya dipengaruhi beberapa faktor, di antaranya turunnya jumlah serangan hama, berkurangnya lahan yang mengalami kekeringan serta menurunnya lahan yang terdampak banjir.

Dengan tingginya produksifitas padi nasional tersebut, dia memprediksi dampak kekeringan yang terjadi di sejumlah wilayah dapat ditekan.

"Terjadi kenaikan 5,5 juta ton, tahun lalu turun 1 juta ton dari semula 70 juta ton. Saat ini melonjak menjadi 75,5 juta ton," katanya disela-sela panen raya padi di Kecamatan Munjungan, Trenggalek.


Amran menambahkan, untuk meminimalisir dampak kekeringan, Kementan telah membangun dan memperbaiki saluran irigasi primer hingga tersier yang menjadi pemasok air di 1,3 juta area persawahan. Selain itu kementerian juga menggelontorkan bantuan 40 ribu traktor tangan dan pompa air. 


Editor: Quinawaty Pasaribu

  • produksi padi nasional
  • jumlah produksi padi
  • kenaikan produksi padi
  • produktifitas padi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!