BERITA

Mendag Klaim Harga Kebutuhan Pokok Cenderung Turun

"Menteri Gobel menekankan kebutuhan pokok seluruh provinsi cukup bahkan untuk memenuhi kebutuhan lima bulan mendatang."

Aisyah Khairunnisa

Mendag Klaim Harga Kebutuhan Pokok Cenderung Turun
Ilustrasi Sembako. Foto: Antara

KBR, Jakarta – Menteri  Perdagangan Rachmat Gobel menyatakan rata-rata harga kebutuhan pokok di pasar tradisional stabil bahkan cenderung turun. Hal ini ia sampaikan usai rapat kabinet paripurna mengenai kesiapan Lebaran 2015 di Kantor Presiden. Komoditas pokok yang harganya stabil dengan kisaran kenaikan 0.2% adalah gula, tepung terigu, kedelai lokal dan impor dan cabai rawit merah.

“Yang turun adalah beras, minyak goreng, daging sapi, daging ayam ras, telur ayam ras, cabai merah keriting, cabai merah beras, bawang merah dan bawang putih,” kata Gobel di Kantor Presiden, Senin (6/7/2015).

“Mengenai harga ini, yang saya sampaikan adalah rata-rata secara nasional. Berbeda nanti antara pasar di daerah di Pulau Jawa sama ini berbeda-beda, jadi supaya jangan disalahartikan ya,” ujarnya. 

Gobel menekankan kebutuhan pokok seluruh provinsi cukup bahkan untuk memenuhi kebutuhan lima bulan mendatang. Kata dia, operasi pasar murah sudah dilakukan di berbagai daerah untuk menyediakan pangan murah kepada masyarakat berpendapatan rendah. 

Selain itu, pemerintah juga mengadakan sistem informasi, mengintensifkan pemantauan harga dan stok, mengoptimalisai perdagangan antar pulau, dan pemanfaatan sarana distribusi seperti pasar rakyat, retail modern, gudang.

Editor: Malika

  • harga sembako
  • kebutuhan pokok
  • jelang lebaran
  • kenaikan harga

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!