Komnas HAM Selidiki Motif Kerusuhan di Tolikara

Anggota Komnas HAM Natalius Pigai mengatakan, telah menerjunkan timnya ke Tolikara, Papua untuk mengetahui motif dan ada tidaknya pelanggaran HAM dalam kerusuhan tersebut.

BERITA | NASIONAL

Minggu, 19 Jul 2015 19:46 WIB

Author

Sindu Dharmawan

Komnas HAM Selidiki Motif Kerusuhan di Tolikara

KBR, Jakarta- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengaku belum mengetahui motif kerusuhan yang terjadi di Tolikara, Papua. Anggota Komnas HAM Natalius Pigai mengatakan, telah menerjunkan timnya ke Tolikara, Papua untuk mengetahui motif dan ada tidaknya pelanggaran HAM dalam kerusuhan tersebut.

Tim yang diterjunkan itu berasal dari perwakilan Komnas HAM di Papua dan juga dari Jakarta.

"Kami kan sesuai dengan UU melakukan pemantauan dan penyelidikan. Hasil penyelidikan kami inilah yang akan memperjelas, sesuai kewenangan yang dimiliki oleh Komnas. Untuk wilayah kecil (Tolikara, red) sehari sudah selesai, atau dua hari."

Natalius Pigai menambahkan, pihak-pihak yang akan dimintai keterangan seputar kejadian ini antara lain kepolisian, korban dan saksi mata. Sebelumnya, sebuah musala di Tolikara, Papua dirusak massa. Satu versi menyebut musala diserang ketika warga muslim hendak melaksanakan sholat ied.

Versi lain menyebutkan perusakan terjadi setelah ada deretan tembakan yang menewaskan 1 orang dan melukai 11 lainnya. Kasus ini saat ini tengah ditangani kepolisian. 


Editor : Sasmito Madrim

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

'Kiat Membuat Quality Time Bareng Keluarga'

Kabar Baru Jam 7

Sekolah Tatap Muka Mesti Diawasi

Kabar Baru Jam 8

Vaksinasi Covid-19 saat Berpuasa