BERITA

Komisi III Loloskan Enam Orang Calon Hakim Agung

"Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat resmi memilih enam orang calon hakim agung yang diajukan oleh Komisi Yudisial."

Wakil Ketua Komisi Hukum DPR, Azis Syamsuddin. Foto: Antara
Wakil Ketua Komisi Hukum DPR, Azis Syamsuddin. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)  memilih enam orang calon hakim agung yang diajukan oleh Komisi Yudisial. Wakil Ketua Komisi Hukum DPR, Azis Syamsuddin mengatakan, dari seluruh fraksi yang ada, hanya fraksi Partai Gerindra yang   memilih tiga dari enam nama calon hakim agung tersebut. Kata dia, dengan itu otomatis enam nama tersebut sudah sah terpilih.

Meski demikian kata dia, keenam calon hakim agung tersebut harus memenuhi catatan-catatan yang diberikan oleh anggota Komisi Hukum selama uji kepatutan dan kelayakan berlangsung beberapa hari yang lalu.

“Maka berdasarkan pandangan-pandangan fraksi yang telah kita dengar persetujuan Bapak Ibu dalam forum pleno Komisi III ini. Tentu dengan memperhatikan catatan-catatan dari fraksi yang ada, serta fraksi Gerindra yang hanya menyetujui tiga nama, kami memintai persetujuan bapak ibu sekalian dengan memperhatikan catatan-catatan yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Maka keenam calon ini, berdasarkan fraksi dan kita lihat dari komposisi fraksi untuk kemudian bisa kita tindak lanjuti dalam rapat paripurna terdekat, bisa disepakati, sepakat,” ujarnya saat memimpin sidang pleno Komisi III DPR-RI.


Fraksi Partai Gerindra hanya memilih tiga dari enam nama yang dicalonkan. Ketiga nama tersebut adalah, hakim Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Surabaya, Yosran, Kepala Badan Pengawasan MA, Sunarto dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jambi, Mukti Arto.

Anggota Komisi Hukum DPR dari Fraksi Gerindra, Wihadi Wiyanto mengatakan, hanya tiga orang ini yang dapat dengan baik menjawab pertanyaan anggota dewan selama tes uji kelayakan dan kepatutan berlangsung. Kata dia, ini menjadi penting mengingat Hakim Agung merupakan puncak karir dari seorang hakim.


Editor: Rony Sitanggang

  • enam calon hakim agung
  • hakim agung
  • Azis Syamsuddin
  • pemilihan hakim agung

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!