Komisi I DPR: Jika Tidak Ada Tower, Kecelakan Hercules Akan Lain Cerita

BERITA | NASIONAL

Sabtu, 04 Jul 2015 15:38 WIB

Author

Ade Irmansyah

Komisi I DPR:  Jika Tidak Ada Tower, Kecelakan Hercules Akan Lain Cerita

Pesawat Hercules yang jatuh di Medan. (Foto: Antara

KBR, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pertahanan DPR, Tantowi Yahya, menilai kecelakaan pesawat Hercules C-130 turut disebabkan oleh tower milik sipil yang berada di kawasan Landasan Udara Soewondo. Tantowi menambahkan, landasan militer atau bandara harus bebas dari pemukiman penduduk sehingga bila terjadi kecelakaan, tidak akan memakan banyak korban.

"Yang menjadi concern kami adalah dari kecelakaan di Medan kemarin, Landasan itu harus steril dari lingkungan masyarakat. Jadi yang tejadi kemarin itu, bahwa ketika pesawat return to base, bukan kita mengungkit dan kita mendahului, jika tidak ada tower maka ceritanya akan berbeda," ujar Tantowi di sebuah diskusi pagi tadi.

Sebelumnya, TNI Angkatan Udara, berdasarkan penyelidikan awal, menduga pesawat Hercules C-130 jatuh karena menabrak antena radio. Juru bicara TNI AU Dwi Badarmanto mengatakan, bila tidak ada antena, pesawat masih bisa diterbangkan, meski satu mesin mati. Kata dia, keberadaan antena radio di sekitar bandar udara sudah menyalahi aturan.

Editor: Erric Permana
 
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 17

Aplikasi LAPOR Dinilai Tidak Efektif Tanggapi Laporan Masyarakat

Kabar Baru Jam 15

Perlukah Sertifikasi Pernikahan?

Kabar Baru Jam 14