BERITA

JK: Bahan Baku Transmisi 46 Ribu Kilometer Harus 100% Dalam Negeri

Wakil Presiden Yusuf Kalla. Foto: KBR/Aisyah Khairunnisa

KBR, Jakarta - Rapat mengenai pembangunan listrik 35 ribu megawatt yang dipimpin Wakil Presiden Jusuf Kalla menghasilkan sejumlah keputusan. Salah satunya pemerintah akan merekrut pengusaha kontraktor menengah di daerah untuk membantu membangun transmisi sepanjang 46 ribu kilometer.

Kata JK, pengusaha daerah dilibatkan karena bahan baku pembangunan transmisi harus berasal dari dalam negeri.

"Ketiga ialah harus dapat dikerjakan oleh banyak kontraktor, termasuk kontraktor-kontraktor menengah di daerah. Oleh karena itu prinsip pekerjaan tadi khususnya transmisi harus diubah caranya dengan PLN menyiapkan semua bahan dari industri dalam negeri. Tidak boleh ada satu pun dari luar," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Kamis (30/7/2015).

JK menambahkan, bahan baku baja misalnya, akan dipasok dari PT Krakatau Steel. Selain itu untuk pemasangan bahan transmisi juga harus dilakukan oleh kontraktor daerah. Sementara lumbung dana untuk pembangunan proyek ini berasal dari kantong PLN, APBN bank dalam negeri dan asing.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan, pembangunan transmisi akan dilakukan mulai tahun depan. Di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan dan Sulawesi. Kapasitas transmisi yang dibangun beragam, diantaranya 100, 150 dan 500 kilovolt.


Editor: Quinawaty Pasaribu

  • listrik 35 ribu megawatt
  • transmisi 46 ribu kilometer
  • pembangunan listrik

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!