BERITA

Jelang Pengairan Waduk Jatigede, Warga: Kami Akan Melawan!

"Hingga kini upaya ganti rugi warga belum selesai. Warga khawatir hak mereka tidak diberikan setelah pengairan waduk dilakukan"

Eli Kamilah

Jelang Pengairan Waduk Jatigede, Warga: Kami Akan Melawan!
Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Warga yang di 28 desa di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat bertekad tetap melakukan perlawanan terhadap rencana pengairan Waduk Jatigede, yang akan dilakukan besok. Warga Jatigede, Wowon mengatakan, saat ini upaya ganti rugi warga belum selesai. Warga khawatir hak mereka tidak diberikan setelah pengairan waduk dilakukan.

"Dengan berbagai macam cara dan upaya warga akan melakukan perlawanan. Jadi atau tidak. karena ini kan masih panjang. Ini akan memicu perlawanan dari warga. Warga akan menuntut apa yang menjadi hak warga."


Hingga saat ini, setidaknya sudah ada empat kali upaya pembebasan lahan yang dilakukan pemerintah. Namun, persoalan menyangkut lahan seluas lima ribu hektare yang terdiri dari 28 desa dan enam kecematan itu, dinilai belum jelas. Waduk seluas hampir 5.000 hektar itu dibangun di atas tanah 11 ribu keluarga yang tersebar di 5 kecamatan dan 28 desa di Kabupaten Sumedang. Waduk yang dimulai pembangunannya pada 2007 itu, selesai pada 2014 melalui kerjsama pemerintah Indonesia dan Tiongkok.


Editor: Bambang Hari 

  • waduk jatigede

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!