BIN Sebut Ada yang Manfaatkan Kasus Tolikara untuk Serang Jokowi

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso menyebut ada pihak yang memanfaatkan peristiwa di Tolikara untuk menyerang Pemerintahan Jokowi - JK.

BERITA | NASIONAL

Rabu, 22 Jul 2015 16:05 WIB

Author

Erric Permana

Kepala BIN, Sutiyoso. Foto: Antara

Kepala BIN, Sutiyoso. Foto: Antara

KBR,Jakarta- Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso menyebut ada pihak yang memanfaatkan insiden Tolikara untuk menyerang Pemerintahan Jokowi - JK. Sebab menurut dia banyak pihak yang menyalahkan pemerintah. Padahal, kata dia, pemerintah sudah menjalankan tugasnya. Bahkan, BIN sudah memberikan informasi pada 11 Juli sebelum kerusuhan terjadi.

"Kita tanggal 11 Juli sudah tahu, tanggal 13 sudah direspon sama kapolres, nah bagaimana salahnya? Ya gak ada salahnya. Di sana itu menghadapi massa brutal. Terjadi bukan di Tolikara aja, di mana-mana kalau menghadapi massa brutal ya seperti itu," ujarnya di Istana Kepresidenan, Rabu (22/7/2015)

Kepala BIN Sutiyoso menilai harus ada investigasi dari kepolisian untuk mencari tahu apakah ada aktor intelektual dalam insiden tersebut. Dia juga menyatakan bisa saja insiden ini melibatkan pihak asing.

"Ya tanya polisi aja. Harus ada investigasi untuk jawab itu kan kita gak bisa nuduh sembarang orang. Penyelidikan polisi masih panjang. Bisa aja kan keterlibatan pihak asing," tambahnya.

Dia juga menyayangkan pihak yang menyalahkan Badan Intelijen Negara (BIN). Padahal, tugas pokok dari BIN hanya memberikan informasi. Dan hal itu sudah dilakukan lembaganya.

Editor: Malika

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17