BERITA

Besok, Muslim Indonesia Rayakan Lebaran Bersama

"1 Syawal jatuh pada 17 Juli 2015"

Ninik Yuniati

Besok, Muslim Indonesia Rayakan Lebaran Bersama
Ilustrasi pengamatan hilal. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Sidang isbat Kementerian Agama resmi menetapkan 1 Syawal jatuh pada 17 Juli, esok. Penetapan ini diambil setelah melalui sidang tertutup antara Kementerian Agama dengan ormas-ormas Islam selama sekitar setengah jam. Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin dalam konferensi pers yang didampingi oleh pimpinan dua ormas terbesar, yakni Ma'ruf Amin dari NU dan Din Syamsuddin dari Muhammadiyah.

Lukman Hakim mengatakan, hilal terlihat setidaknya di  4 tempat yakni di Gresik, Lamongan, Bojonegoro, dan Kepulauan Seribu. Kata dia, dengan hasil tersebut, berarti umat Islam Indonesia berlebaran di hari yang sama, setelah sebelumnya Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal jatuh pada 17 Juli esok.

"Pertama adalah yang  di Bukit Condrodipo, Gresik, Jawa Timur, yang kedua, Tanjung Kodok, Lamongan, Jawa Timur, yang ketiga di Bojonegoro dan yang keempat adalah di Kepulauan Seribu. Karena sudah terlihat hilal, maka malam ini kita sudah memasuki 1 Syawal 1436 H. Alhamdulillah pada tahun ini, umat Islam Indonesia bersama-sama memasuki 1 Syawal," kata Lukman Hakim di Kemenag, (16/7/2015).


Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menghimbau agar masyarakat merayakan Idul Fitri dengan tertib. Kata dia, apabila melakukan konvoi, agar tetap menjaga ketertiban.

"Kami menghimbau dalam merayakan Idul Fitri diawali malam ini dengan melakukan takbiran bisa dilakukan dengan sebaik-baiknya, senantiasa menjaga ketertiban, kalau mengadakan konvoi, bisa tertib jangan mengganggu ketertiban umum. Jangan larut malam, yang terpenting besok pagi," lanjut Lukman


Di dalam sidang isbat terungkap, kriteria hilal telah memenuhi syarat yang ditetapkan oleh pemerintah yang juga sesuai dengan ketentuan negara lain seperti Malaysia, Brunai dan Singapura. Menurut pengamatan dari Pelabuhan Ratu, posisi hilal berada pada ketinggian 3,11 derajat, longasi 5,72 derajat dan umur hilal 9 jam 26 menit 52 detik. 

Editor: Malika

  • sidang isbat
  • idul fitri
  • menteri agama

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!