BERITA

Anggaran Belum Turun Penuh, Kapolri Optimis Bisa Amankan Pilkada Serentak

Anggaran Belum Turun Penuh, Kapolri Optimis Bisa Amankan Pilkada Serentak

KBR, Jakarta – Kepolisian Indonesia mengaku optimis bisa mengamankan Pemilihan Kepala Daerah Serentak pada bulan Desember mendatang meski anggaran keamanan belum turun sepenuhnya. Kapolri Badrodin Haiti mengatakan, pihaknya bakal mengoptimalkan dana yang ada untuk disebarkan keseluruh Indonesia demi pengamanan rangkaian Pilkada serentak. Kata dia, dari pengajuan anggaran yang dibutuhkan sekitar 1 trilliun lebih, pemerintah baru mencairkan sekitar setengahnya saja.

“Masalah anggaran memang saya pikir terlalu dini kalau kita menyimpulkan kalau anggarannya itu kurang karena sudah ada undangan dari Mendagri untuk membicarakan masalah ini, sehingga sudah ada tanggung jawab dari kemendagri nanti penyelesaiannya gimana. Sehingga menurut saya memang barang kali kalau toh dimasukkan didalam catatan tidak mempersoalkan masalah juga anggaran karena masih ada jalan keluarnya,” ujarnya pada saat Rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR-RI, Kamis (2/7/2015).

Kapolri Badrodin Haiti menambahkan, meski anggaran sangat penting, namun bukan hal utama yang bisa menyebabkan Pilkada tertunda.

Sebelumnya, Ketua Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat Aziz Syamsuddin menyatakan anggaran bagi Kepolisian RI untuk pengamanan pemilihan kepala daerah serentak masih belum cair sepenuhnya. Menurut dia, jika tak kunjung turun, opsi mengundurkan pilkada bisa jadi solusi. 

Editor: Malika

  • pilkada serentak
  • Kapolri Badrodin Haiti
  • pengamanan pilkada
  • anggaran pengamanan pilkada

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!