NASIONAL

Puncak Mudik di Bandara, Pesawat Banyak yang Delay

"Maskapai penerbangan tidak memberikan alasan jelas."

Aisyah Khairunisa

Puncak Mudik di Bandara, Pesawat Banyak yang Delay
Lebaran, mudik

KBR, Jakarta - Sejumlah penumpang pesawat yang hendak mudik dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta mengeluhkan banyaknya pesawat yang mengalami keterlambatan (delay). 


Salah seorang penumpang, Perma Dewi menuturkan pesawat Lion Air menuju Jambi yang seharusnya berangkat pukul 19.00 WIB sudah terlambat hingga dua jam. Pihak maskapai juga tidak memberikan alasan mengenai keterlambatan. Selain itu kata Perma, sebelumnya sejumlah penumpang Lion Air yang akan menuju Medan berdemo karena  pesawat terlambat lebih dari delapan jam.


"Yang ke Medan tadi ada yang delay. Ada yang harusnya berangkat jam 11.00 siang, ada yang jam 15.00-16.00 tapi diberangkatinnya baru jam 19.30 tadi. jadi mereka ambil pesawat yang 500 penumpang sekalian diangkut semuanya yang dari jam 11 tadi. Kalau saya baru delay dua jam," kata Dewi.


Perma Dewi menambahkan sejumlah penumpang yang berdemo juga berseru untuk tidak naik pesawat sebelum dijanjikan mendapat ganti rugi. 


Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2011 tentang Asuransi Keterlambatan, Bagasi Hilang dan Kecelakaan, maskapai diharuskan memberi ganti rugi sebesar Rp 300 ribu per penumpang jika mengalami keterlambatan lebih dari 4 jam. Ia mengaku belum mendapat kompensasi apapun meskipun pesawat sudah delay lebih dari  dua jam. Padahal jika keterlambatan lebih dari 30 menit maskapai harus memberikan makanan ringan atau berat.


Editor: Citra Dyah Prastuti 


  • Lebaran
  • mudik

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!