NASIONAL

Petugas Bandara Tahan Penumpang Pembeli Tiket dari Calo

"KBR, Jakarta - Pengelola bandara Soekarno-Hatta akan melarang para penumpang naik ke pesawat apabila tiket yang digunakan berbeda dari identitasnya."

Petugas Bandara Tahan Penumpang Pembeli Tiket dari Calo
bandara, tiket, calo


KBR, Jakarta
- Pengelola bandara Soekarno-Hatta akan melarang para penumpang naik ke pesawat apabila tiket yang digunakan berbeda dari identitasnya. Menurut juru bicara bandara Soekarno-Hatta, Yudi Setiawan kebijakan itu dilakukan untuk mencegah praktek percaloan di saat musim mudik lebaran. Kebijakan itu digunakan untuk memberikan kenyamanan dan ketertiban bagi penumpang pesawat.

"Hal lainnya bisa jadi penumpang itu bisa jadi tersangka teroris karena namanya berbeda. Kami, petugas bandara atau pengelola bandara boleh menahan mereka, boleh melarang mereka untuk tidak naik ke pesawat apabila ditemukan namanya berbeda dengan boarding pass dengan identitas yang dimiliki. Soal razia calo selalu kami lakukan. Kami juga melakukan sweeping penumpang untuk mencocokan nama dengan boarding pass. Sudah ratusan penumpang yang ditolak naik pesawat," ungkap juru bicara pengelola bandara Soekarno Hatta, Yudi Setiawan saat dihubungi KBR, Kamis (24/7) hari ini.

Yudi Setiawan menambahkan, untuk puncak mudik di Bandara Soekarno Hatta akan terjadi Jumat (25/7) besok malam. Pengelola bandara sudah menyiapkan antisipasi melonjaknya penumpang di bandara. Untuk menghindari kemacetan, pengelola bandara bekerjasama dengan kepolisian untuk melarang kendaraan sejenis truk untuk memasuki area bandara.

Sementara saat ini telah terjadi penurunan angka pemudik yang menggunakan jasa penerbangan di bandara Soekarno Hatta jika dibandingkan musim mudik tahun 2013 lalu. Yudi Setiawan menyatakan bahwa diprediksi akan ada kenaikan jumlah penumpang hingga 24% jika dibandingkan jumlah penumpang jika dibandingkan musim mudik tahun lalu.

Yudi Setiawan menambahkan, untuk meningkatkan pelayanan kepada pemudik, PT Angkasa Pura II sebagai pengelola bandara Soekarno Hatta mempersiapkan lahan parkir dan memberlakukan waktu tertentu bagi penumpang yang menaikkan dan menurunkan penumpang di terminal. Kata dia, Angkasa Pura II juga menerapkan sistem jadwal yang ketat bagi pesawat yang akan menggunakan run way. Pesawat yang telat memasuki runway akan mendapatkan hukuman antrian paling belakang. Aturan ini diberlakukan untuk menekan delay keberangkatan pesawat karena jadwal penerbangan yang meningkat.


Editor: Luviana

  • bandara
  • tiket
  • calo

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!