Persepi: LSN Wajib Pertanggungjawabkan Hasil Pilpres

KBR, Jakarta - Anggota Dewan Etik Perhimpunan Survei Opini Publik (Persepi) Hamdi Muluk menilai Asosiasi Riset Opini Publik (Aropi) harus segera mengaudit salah satu lembaga survei anggotanya yaitu Lembaga Survei Nasional (LSN) karena telah melakukan kesa

NASIONAL

Kamis, 31 Jul 2014 21:07 WIB

Author

Danu Mahardhika

Persepi: LSN Wajib Pertanggungjawabkan Hasil Pilpres

LSN, hitung, cepat

KBR, Jakarta - Anggota Dewan Etik Perhimpunan Survei Opini Publik (Persepi) Hamdi Muluk menilai Asosiasi Riset Opini Publik (Aropi) harus segera mengaudit salah satu lembaga survei anggotanya yaitu Lembaga Survei Nasional (LSN) karena telah melakukan kesalahan dalam hitung cepat Pilpres lalu. Menurut Hamdi, LSN seharusnya dilarang untuk menyelenggarakan survei atau hitung cepat kedepannya sampai ada lembaga yang memiliki otoritas yang bisa memverifikasi ulang kompetensi mereka.

"Kalau hanya teledor, secara prosedur keilmuan itu teledor ya tetap saja LSN kedepan seharusnya tidak boleh lagi menyelenggarakan hal yang serupa sampai ada lembaga yang memiliki otoritas untuk memastikan bahwa mereka LSN sudah memenuhi syarat kompetensi," jelasnya saat dihubungi KBR, Kamis (31/7) hari ini.

Sebelumnya LSN mengakui telah terjadi kesalahan saat pihaknya melakukan hasil hitung cepat Pilpres dimana pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menggungguli pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Peneliti Senior LSN Ikhsan Rosidi mengatakan untuk mempertanggungjawabkan hasil hitung cepatnya, pihaknya tengah melakukan audit internal dan hasilnya akan dipublikasi kemudian.


Editor: Luviana



Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18