Pemulangan TKI Ilegal di Malaysia Tak Dilirik Karna Mahal

LSM buruh migran, Migrant Care menilai program pemulangan TKI tak berdokumen di Malaysia, gagal menjaring para TKI tersebut untuk dipulangkan secara resmi.

NASIONAL

Minggu, 13 Jul 2014 16:03 WIB

Author

Eli Kamilah

Pemulangan TKI Ilegal di Malaysia Tak Dilirik Karna Mahal

TKI, ilegal, program, pemulangan

KBR, Jakarta- LSM buruh migran, Migrant Care menilai program pemulangan TKI tak berdokumen di Malaysia, gagal menjaring para TKI tersebut untuk dipulangkan secara resmi.

Aktivis Migrant Care, Wahyu Susilo mengatakan biaya yang dibebankan kepada TKI dianggap terlalu mahal. Seharusnya, pemerintah mengakomodir para TKI itu untuk pulang dengan gratis. Seperti dengan armada milik TNI yang dulu pernah mengangkut para TKI pulang ke Indonesia.

"Teman-teman yang di deportasi itu, biasanya mereka yang ketangkap di imigrasi, barang-barangnya udah dilucuti, setelah selesei masa tahanan mereka harus membayar itu, dari mana mereka dapat duit? Harusnya yang menyediakan angkutan untuk mereka, dulu ada anggkutan kapal milik TNI AL kalau ngga salah 2004/2005," kata Wahyu Susilo kepada KBR, Minggu (13/7)

Program pemulangan TKI tak berdokumen akan dibuka hingga akhir tahun nanti. Namun, hingga hari ini program tersebut sepi peminat. Selain biaya yang dibebankan mahal yakni 1250 ringgit atau setara Rp 4,7 juta belum termasuk tiket. Bahkan pengurusan dokumen yang dijanjikan rampung satu minggu, molor hingga tiga minggu.


Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Eps.2: Kuliah di UK, Cerita dari Rizki Putri Part 2

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17