NASIONAL

Pasca Pilpres, Pemerintah Yakin Ekonomi Indonesia Lebih Baik

Pasca Pilpres, Pemerintah Yakin Ekonomi Indonesia Lebih Baik

KBR, Jakarta- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yakin perekonomian Indonesia bakal lebih stabil pasca Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Menteri keuangan Chatib Basri mengatakan proses Pilpres 2014 yang damai dan lancar menjadi pemicu perkembangan ekonomi Indonesia ke depan. Ia juga mengklaim melemahnya rupiah kemarin hanya bersifat sementara. Hal tersebut terbukti dengan menguatnya rupiah pada Rabu (23/7) pagi ini.

"Yang membuat rupiah melemah salah satunya adalah ketidakpastian Pilpres. Nah ini kelihatan pada hari ini rupiahnya di Rp 11.400-an (setiap Dollar AS). Penguatannya cukup tajam, hampir 100 basis point dari kemarin. Jadi kalau saya lihat, alhamdulillah Pilpresnya berjalan damai, dengan baik. Sehingga saya percaya financial market akan relatif lebih stabil," ujar Chatib di Jakarta, Rabu (23/7).

Sebelumnya, Selasa (22/7) kemarin nilai tukar rupiah pada transaksi antar bank di Jakarta melemah 58 poin menjadi Rp 11.630 setiap Dollar AS. Padahal sebelumnya nilai tukar rupiah mencapai Rp 11.572 setiap Dollar AS. Sejumlah pengamat menuding melemahnya rupiah tersebut disebabkan gejolak politik tanah air yakni karena Calon Presiden Prabowo Subianto mundur dari proses Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.


Editor: Luviana

  • Pilpres
  • ekonomi
  • pemerintah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!