NASIONAL

Modus Politik Uang di Pilpres Beda Dengan Pileg

"KBR, Jakarta "

Eky Wahyudi

Modus Politik Uang di Pilpres Beda Dengan Pileg
Pilpres, ICW, uang

KBR, Jakarta – Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai bahwa modus politik uang di pemilihan presiden berbeda dengan di pemilihan legislatif.

Anggota ICW Abdullah Dahlan menilai bahwa modus politik uang di Pilpres berbeda dengan Pileg. Pada pemilu presiden politik uang jauh lebih rapi, misalnya terjadi seperti pengerahan massa dan ketika mendekati hari 'H' pencoblosan. Pelaku politik uang di Pilpres juga bukan kandidat langsung, hal ini berbeda dengan politik uang yang berlangsung pada pemilu legislatif lalu.

"Saya kira pola politik uang dan pelanggaran Pemilu berubah dibandingkan Pileg yang lalu. Di Pileg kan pelakunya kandidat langsung misalnya Caleg dan tim sukses,di Pilpres ini modusnya adalah tim bayangan, bukan tim yang resmi terdaftar," kata Abdullah Dahlan

Kecurangan lain juga dikhawatirkan oleh Abdullah Dahlan, seperti penyelenggara Pemilu yang tidak netral dan melakukan manipulasi surat suara. Dahlan menjelaskan kekhawatiran ini berdasar karena pada pemilihan legislatif yang lalu kecurangan itu banyak terjadi.


Editor: Luviana

  • Pilpres
  • ICW
  • uang

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!