Bagikan:

Migrant Care: Bubarkan BNP2TKI

Karena pelayanan publiknya buruk.

NASIONAL

Sabtu, 26 Jul 2014 22:39 WIB

Migrant Care: Bubarkan BNP2TKI

BNP2TKI, Migrant Care

KBR, Jakarta - LSM buruh Migrant Care mengusulkan pembubaran Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). 


Juru bicara Migrant Care Wahyu Susilo berlasan pelayanan publik dari lembaga non-kementerian itu sangat buruk. Ini terbukti dari banyaknya petugas BNP2TKI yang ditangkap KPK tengah memeras TKI yang baru tiba di Indonesia. 


"Saya kira bukan hanya kebijakannya. Tapi secara institusional kita sudah merekomendasikan BNP2TKI ini dikembalikan mandatnya. Jadi harus dievaluasi secara kelembagaan apakah BNP2TKI itu perlu ada atau tidak," kata Wahyu.


Wahyu menambahkan, kebijakan yang dikeluarkan BNP2TKI juga kerap tidak sejalan dengan Kementerian Tenaga Kerja. Misalnya soal proses kepulangan TKI yang akhirnya membingungkan para pekerja migran. Menurut Wahyu, sebaiknya pemerintah membentuk divisi baru di Kemenaker khusus soal ini. 


Tahun lalu ada lebih dari 500 ribu warga Indonesia yang ingin bekerja di luar negeri. Menurut data BNP2TKI, 200 ribuan TKI berangkat secara ilegal. BNP2TKI juga menerima 2.500 aduan soal TKI yang tidak digaji oleh majikannya. 


Editor: Citra Dyah Prastuti 


Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Upaya Pemerintah Mengatasi KLB Polio

Most Popular / Trending