NASIONAL

MH17 Ditembak Jatuh, Presiden Serukan ASEAN Bersatu

"KBR, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta negara anggota ASEAN atau persatuan negara di Asia Tenggara membantu Malaysia menyelidiki kasus pesawat MH17 yang ditembak jatuh di Ukraina. Kata SBY, Malaysia harus mendapatkan keadilan."

Abu Sahma Pane

MH17 Ditembak Jatuh, Presiden Serukan ASEAN Bersatu
SBY, malaysia, mh17

KBR, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta negara anggota ASEAN atau persatuan negara di Asia Tenggara membantu Malaysia menyelidiki kasus pesawat MH17 yang ditembak jatuh di Ukraina. Kata SBY, Malaysia harus mendapatkan keadilan.

Hal itu dinyatan SBY dalam jumpa persnya di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (18/7) siang. SBY juga mengatakan senang Dewan Keamanan PBB sudah bergerak mengatasi insiden itu.

"Di bulan suci Ramadan ini, Indonesia juga menyerukan solidaritas di antara sesama negara ASEAN untuk membantu Malaysia dalam mengatasi musibah ini dan langkah-langkah internasional yang lain untuk mendapatkan keadilan dari musibah atau tragedi yang sama-sama tidak kita harapkan ini," jelas SBY.

SBY pun menyerukan agar pimpinan dunia makin serius mengatasi konflik Gaza di Palestina yang makin memburuk. Jika tidak, maka bukannya tidak mungkin insiden MH17 kembali terjadi di udara Gaza.

"Pada kesempatan yang baik ini, saya juga ingin sekaligus menyampaikan seruan dan ajakan kepada masyarakat internasional Ajakan kepada para pemimpin dunia untuk secara serius segera bisa mengatasi memburuknya situasi yang ada di Gaza, Palestina yang telah merenggut jatuhnya korban terutama korban sipil yang tidak berdosa," jelas SBY.

"Setelah gencatan senjata singkat ternyata situasinya makin memburuk. Beberapa jam yang lalu Israel justru melaksanakan operasi serangan darat, yang tentu akan menambah penderitaan masyarakat Palestina dan akan menambah jatuhnya korban sipil," tambah SBY.


Editor: Pebriansyah Ariefana

  • SBY
  • malaysia
  • mh17

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!