Menteri Agama Dukung Fatwa Haram Golput

KBR, Jakarta

NASIONAL

Selasa, 08 Jul 2014 21:39 WIB

Author

Yudi Rachman

Menteri Agama Dukung Fatwa Haram Golput

fatwa, haram, golput

KBR, Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mendukung fatwa haram bagi orang yang tidak menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu presiden 2014. Menurutnya, fatwa haram bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menentukan pemimpin masa depan. Lukman menyatakan bahwa fatwa haram tidak menyalahi aturan karena sudah dikaji dalil-dalilnya di Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Itu dalam pengertian agar kita semua menggunakan hak pilih, harus dibedakan konteks haram itu dalam kaitannya pengunaan hak suara kita sangat penting, sangat perlu untuk menentukan pemimpin kita. Kita juga punya hak untuk mengontrol pemimpin yang telah kita pilih, kalau kemudian di tengah jalan dia menyimpang atau tidak menuruti aspirasi pemilihnya. Jadi ada hak control itu ketika kita menggunakan hak pilih, saya fikir arahnya ke sana himbauan itu,” ungkap Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (8/7).

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram bagi masyarakat muslim yang tidak menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu presiden 2014. MUI juga pernah mengeluarkan fatwa serupa dalam pemilu presiden 2009 lalu dengan harapan seluruh masyarakat muslim bisa menggunakan hak pilih.


Editor: Luviana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Tim Teknis Pengungkapan Kasus Novel Dinilai Belum Ungkap Apapun