Menkominfo: Kesibukan Komunikasi Bergeser dari Jakarta

Kementerian Komunikasi dan Informatika memperkirakan akan terjadi pergeseran kesibukan komunikasi dari Jakarta ke Jawa tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.

NASIONAL

Selasa, 15 Jul 2014 11:12 WIB

Author

Guruh Dwi Riyanto

Menkominfo: Kesibukan Komunikasi Bergeser dari Jakarta

tifatul sembiring, komunikasi, lebaran

KBR, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika memperkirakan akan terjadi pergeseran kesibukan komunikasi dari Jakarta ke Jawa tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. 


Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengatakan, operator telekomunikasi sudah mengantisipasi perubahan pola itu dengan menambah penghubung komunikasi BTS sementara ke berbagai daerah.  


Menurutnya, BTS bergerak itu ditempatkan terutama di kawasan yang akan dipadati peserta.


"Karena orang itu bergerak dari satu kota ke kota lain itu. Katakanlah kapasitas satuan sambungan di kota itu hanya sekitar 100 ribu, bisa jadi dengan datangnya pemudik lebaran, orang lewat di kota itu bisa sampai 500 ribuan. Jadi, lalu lintas di Jakarta yang agak sepi dipindahkan ke daerah-daerah," kata  Tifatul Sembiring di kantornya, Selasa (15/07).


Kementerian Komunikasi dan Informatika juga memperkirakan akan terjadi lonjakan komunikasi pada lebaran ini. Untuk operator Telkomsel saja, kenaikan penggunaan data akan mencapai sekira 35%. Sementara kenaikan penggunaan sms mencapai 15% dan suara 5%. 


Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

What's Up Indonesia

Kabar Baru Jam 8

News Beat

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 20