Laporan Kekayaan Capres-Cawapres : Prabowo Tertinggi, Jokowi Terendah

KBR, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan laporan harta kekayaan Capres dan Cawapres 2014.

NASIONAL

Selasa, 01 Jul 2014 16:20 WIB

Author

Eky Wahyudi

Laporan Kekayaan Capres-Cawapres : Prabowo Tertinggi, Jokowi Terendah

KPU, kekayaan, Capres

KBR, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan laporan harta kekayaan Capres dan Cawapres 2014. Berdasarkan hasil laporan tersebut, Prabowo mempunyai kekayaan tertinggi dan Jokowi mempunyai kekayaan terendah dari seluruh Capres da Cawapres.

Berdasarkan  hasil kekayaan yang telah dihitung oleh KPK, total kekayaan  Prabowo mencapai Rp. 1,6 triliun, Hatta Rajasa Rp. 30 Milyar. Sedangkan Jokowi memiliki total kekayaan sebesar Rp. 29 Milyar dan Jusuf Kalla sebesar Rp. 465 Milyar.

Kekayaan Prabowo paling banyak berasal dari harta tidak bergerak yang mencapai Rp. 105 milyar. Untuk Capres nomor urut 2, Joko widodo juga mendapatkan kekayaan tertinggi dari harta tidak bergerak dengan total Rp. 29 Milyar.

Sebelumnya klarifikasi harta kekayaan kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden dilakukan di KPK. Untuk pasangan nomor urut 1, Prabowo-Hatta dilakukan  pada 25 Juni 2014. Untuk pasangan nomor urut 2, Jokowi-JK dilakukan pada 26 Juni 2014.

Nilai harta kekayaan yang diumumkan KPU ini merupakan hasil verifikasi Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) terhadapLaporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang kemudian diserahkan kepada KPU. Dokumen LHKPN merupakan salah satu dokumen wajib yang harus diserahkan pasangan  Capres dan Cawapres.

Sesuai dengan Pasal 5 huruf f dan Pasal 14 Ayat (1) huruf d Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, calon presiden dan wakil presiden wajib melaporkan hartanya ke KPK.


Editor: Luviana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Jokowi Perintah Menkes Segera Tetapkan Kriteria Pembatasan Sosial Berskala Besar