Kota Kelahiran Presiden SBY Diguncang Gempa 5.6 SR

KBR, Jakarta

NASIONAL

Senin, 14 Jul 2014 14:29 WIB

Author

Sefiana Putri Tingginehe

Kota Kelahiran Presiden SBY Diguncang Gempa 5.6 SR

pacitan, gempa, BPBD, SBY

KBR, Jakarta – Gempa berkekuatan 5.6 SR mengguncang kawasan Jawa Timur, Senin (14/7) sekitar pukul 12.05 WIB. Dalam akun Twitternya @infoBMKG, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa terjadi di 104 km tenggara Kabupaten Pacitan.

Juru Bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan gempa ini tidak berpotensi tsunami.

“Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dan informasi dari pemerintah daerah setempat, serta tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab tentang gempa bumi dan tsunami,” jelas Sutopo saat dihubungi, Senin (14/7).

Gempa ini berpusat di Samudera Hindia pada kedalaman 10 km. Berdasarkan pantauan BNPB gempa yang berintensitas sedang selama 3-10 detik ini terasa di Pacitan, Trenggalek, Malang, Wonogiri, Yogyakarta, dan Tulungagung.

Berdasarkan peta guncangan, gempa ini masih masuk kategori ringan dengan skala IV MMI (Modified Mercali Intensity). Sutopo menjelaskan bahwa gempa ini disebabkan oleh aktivitas subduksi yang terbentuk akibat tumbukan antara lempeng Benua Eurasia dan lempeng Samudera Indo-Australia.

Kondisi saat ini sudah normal kembali dan belum ada laporan korban dan kerusakan akibat gempa tersebut. Namun, Sutopo menghimbau masyarakat untuk tetap siap siaga terhadap segala kemungkinan.

“Gempa bumi bersifat quick on set atau cepat tanpa ada tanda-tanda sebelumnya serta belum dapat diramalkan. Segera keluar dari bangunan dan mencari tempat yang aman saat gempa,” katanya.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Travel Advisory Amerika Jadi Refleksi?

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11