Kemendag: Harga Anjlok Karena Cabe Melimpah

KBR, Jakarta - Kementerian Perdagangan mensinyalir anjloknya harga cabe tahun ini dikarenakan stok cabe yang melimpah.

NASIONAL

Selasa, 08 Jul 2014 08:08 WIB

Author

Aisyah Khairunnisa

Kemendag: Harga Anjlok Karena Cabe Melimpah

cabe naik, kemendag

KBR, Jakarta - Kementerian Perdagangan mensinyalir anjloknya harga cabe tahun ini dikarenakan stok cabe yang melimpah.

Kini harga cabai di Jawa Barat dan Jawa Tengah hanya sekitar Rp 2.000 perkilogram. Padahal biasanya bisa mencapai Rp 45 ribu per kilogram. Juru Bicara Kementerian Perdangan, Sri Agustin menampik, bahwa harga anjlok karena adanya cabe impor.

"Ini kan fenomenanya di tahun lalu harga cabe tinggi. Sehingga petani berlomba-lomba menanam cabe untuk mendapat harga yang baik. Tapi ternyata kan tidak seperti itu. Jadi perencanaan produksinya nih yang mungkin belum pas," kata Sri, Selasa (8/5)

Sri Agustin  menambahkan, hingga pertengahan tahun ini Indonesia baru mengimpor 4 ribuan ton cabe kering. Serta dua ton cabai pasta (saus).

Menurut Sri, jumlah ini tidak terlalu signifikan untuk menjatuhkan harga cabe di pasaran. Untuk memecahkan masalah ini, kementerian perdagangan bakal mengevaluasi kebijakan pajak pengolahan cabe yang mencapai 10%. Ini untuk meningkatkan jumlah ekspor cabe olahan.

Selain di Jawa Timur, harga cabe pun anjlok di sejumlah wilayah di Indonesia. Badan Pusat Statistik mencatat, cabe menyumbang deflasi Juni 2014.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pilkada Serentak Diwarnai Calon Tunggal