NASIONAL

ICW Desak Pemerintah Hapuskan Alokasi Dana Abadi Pendidikan

"KBR, Jakarta - LSM antikorupsi Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta pemerintah untuk meniadakan alokasi khusus untuk dana abadi pendidikan."

Eli Kamilah

ICW Desak Pemerintah Hapuskan Alokasi Dana Abadi Pendidikan
ICW, dana, pendidikan

KBR, Jakarta - LSM antikorupsi  Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta pemerintah untuk meniadakan alokasi khusus untuk dana abadi pendidikan. Alasannya, selain rawan diselewengkan, dana ini juga hanya menyasar 3 hal saja yakni beasiswa mahasiswa, penelitian dan rehabilitasi sekolah rusak karena bencana alam. Padahal, kata Koordinator Divisi Pelayanan Publik ICW, Febri Hendri alokasi itu sudah harus masuk dalam dana pendidikan yang ada dan harus habis pada tahun APBN berjalan.

Untuk itu ICW berencana mengajukan uji materi terhadap Undang-Undang APBN tahun 2014 tentang alokasi dana abadi pendidikan ke Mahkamah Konstitusi.

"Kalau seandainya dikabulkan maka itu akan jadi rujukan ya, bahwa tidak boleh dialokasikan dana abadi pendidikan karena tidak sesuai dengan konstitusi," kata Febri kepada KBR, Selasa (1/7).

Sebelumnya dana Abadi Pendidikan merupakan inisiatif Menteri Keuangan pada masa Sri Mulyani tahun 2010. Dana ini berasal dari dana yang disisihkan dari 20 persen APBN yang digunakan untuk anggaran pendidikan. Hingga tahun 2014, dana abadi pendidikan mencapai Rp. 17,5 triliun yang dikelola Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan diinvestasikan dalam deposito dan surat berharga negara.



Editor: Luviana

  • ICW
  • dana
  • pendidikan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!