Hasil Hitung Cepat Dilarang Disiarkan Sebelum Jam 13.00 Wib

KBR, Jakarta - Komisi Penyiaran Indonesia, KPU dan Bawaslu sepakat melarang penyiaran hasil hitung cepat disiarkan sebelum pukul 13.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

NASIONAL

Jumat, 04 Jul 2014 22:49 WIB

Author

Guruh Dwi Riyanto

Hasil Hitung Cepat Dilarang Disiarkan Sebelum Jam 13.00 Wib

hitung, cepat, survei

KBR, Jakarta - Komisi Penyiaran Indonesia, KPU dan Bawaslu sepakat melarang penyiaran hasil hitung cepat disiarkan sebelum pukul 13.00  Waktu Indonesia Barat (WIB). Wakil Ketua KPI Iddy Muzayyad mengatakan, ini dilakukan untuk mencegah lembaga jajak pendapat mengumumkan hasil hitung cepat di Indonesia timur ketika TPS di daerah itu tutup. Sebab, TPS di Indonesia timur tutup 2 jam lebih cepat ketimbang di Indonesia barat.

"Artinya setelah penutupan TPS di Indonesia yang paling barat. Ini untuk menjamin tidak ada satupun pemilih, terutama yang memilih di daerah barat akan terpengaruh hasil quick count yang akan masuk di daerah paling timur. Timur dan barat ini kan selisihnya 2 jam," kata Wakil Ketua KPI Iddy Muzayyad di Badan Pengawasan Pemilu, Jumat (04/07).

Iddy Muzayyad menambahkan, dalam pemilu presiden ini, pemilih rentan terpengaruh. Pasalnya, hanya terdapat 2 pasang calon presiden. Mereka adalah Capres Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Editor: Luviana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18