NASIONAL

Harga Daging Naik, Sembako Lain Stabil

"Harga daging naik sekitar Rp 3000 per/kg menjadi Rp 95.000 per/kg. Kenaikan ini karena banyaknya stok kulit dan jeroan yang kurang diminati oleh konsumen, sehingga harganya dibebankan ke daging."

Novaeny Wulandari

Harga Daging Naik, Sembako Lain Stabil
harga daging, lebaran

KBR, Jakarta - Harga daging naik sekitar Rp 3000 per/kg menjadi Rp 95.000 per/kg. Kenaikan ini karena banyaknya stok kulit dan jeroan yang kurang diminati oleh konsumen, sehingga harganya dibebankan ke daging. 


Menurut Menteri Koordinator bidang perekonomian Chairul Tanjung harga daging diperkirakan akan mencapai Rp 100.000 per/kg hingga lebaran nanti.


"Hanya daging sapi naik, naiknya sekitar Rp 3000 per/kg. Ada sebabnya, kenapa sebabnya? Karena permintaan yang meningkat luar biasa, mengakibatkan sapi yang dipotong lebih banyak,” kata Chairul. 


“Nah, akibat jumlah sapi yang dipotong jadi lebih banyak, kulit sapi dan jeroan jadi banyak. Sedangkan demand kulit dan jeroan tidak sebanyak daging.” 


Selain itu Chairul menambahkan, harga ayam justru turun, yang tadinya Rp 35.000 per/ekor kini menjadi Rp 30.000 per/ekor. Begitu juga dengan harga tempe, karena harga bahan baku kedelai yang turun. Sedangkan harga lainnya cenderung stabil. 


Senin (21/7),  rombongan menteri bidang perekonomian memantau perkembangan harga kebutuhan pokok di Pasar Klender, Jakarta Timur. Pejabat lain yang ikut dalam rombongan yaitu Menteri Perdagangan M Lutfi, Menteri Pertanian Suswono, serta Kepala Perum Bulog Soetarto Alimoeso.


Editor: Antonius Eko 


  • harga daging
  • lebaran

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!