NASIONAL

BMKG: Pemudik Jalur Laut Diminta Waspada

"KBR, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau pemudik yang menggunakan jalur laut untuk tetap waspada"

BMKG: Pemudik Jalur Laut Diminta Waspada
BMKG, pemudik, laut


KBR, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau pemudik yang menggunakan jalur laut untuk tetap waspada. Sebab, rata-rata gelombang di perairan Indonesia masih cukup tinggi.

Prakirawan BMKG Romadi menyebutkan, meski demikian jalur penyeberangan terpantau aman dan kondusif. Hanya saja, yang perlu diwaspadai adalah beberapa perairan dengan tinggi gelombang mencapai 2-3 meter, semisal di perairan sebelah barat Sumatera.

“Untuk jalur penyeberangan, untuk hari ini masih cukup kondusif tinggi gelombangnya di penyeberangan Merak-Bakauheni, rata-rata tinggi gelombangnya antara 0,75 hingga 1,50 centimeter sehingga cukup aman untuk melakukan aktifitas penyeberangan. Juga penyeberangan di Selat Bali dan Selat Lombok masih cukup kondusif. Kami imbau bagi pemudik yang menggunakan jalur laut, karena di perairan sebelah barat Sumatera ini tinggi gelombangnya masih cukup tinggi sehingga harus meningkatkan kewaspadaan, juga di perairan selatan Merauke hingga di sebelah selatan Kendari juga,” jelas Romadi kepada KBR.

Romadi menambahkan kondisi seperti ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan. Secara keseluruhan, tinggi gelombang di Indonesia masih cukup tinggi, terutama di Barat dan Utara Aceh di mana tinggi gelombangnya mencapai 2 hingga 3,5 meter. Sedangkan di perairan selatan Jawa Barat, hingga ke Nusa Tenggara Timur juga terpantau masih cukup tinggi dengan kisaran gelombang 2,5 hingga 3,5 meter.


Editor: Luviana

  • BMKG
  • pemudik
  • laut

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!