Bekas Ketua MK Akil Mochtar Divonis Seumur Hidup

NASIONAL

Selasa, 01 Jul 2014 00:01 WIB

Author

Ninik Yuniati

Bekas Ketua MK Akil Mochtar Divonis Seumur Hidup

korupsi, MK, Akil Mochtar

KBR, Jakarta- Bekas Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar dijatuhi hukuman seumur hidup. Ketua Majelis Hakim Suwidya mengatakan, Akil terbukti bersalah atas kasus sengketa pemilihan kepala daerah dan tindak pidana pencucian uang. Majelis hakim menilai tidak ada hal yang meringankan putusan vonis tersebut. Selain itu, tindakan Akil dianggap bertentangan dengan semangat pemberatasan korupsi.

"Menyatakan bahwa Akil Mochtar, telah terbukti secara sah dan meyakinkan, menurut hukum bersalah melakukan tindak pidana korupsi. Menjatuhkan pidana terhadap Akil Mochtar berupa pidana penjara selama seumur hidup."

Ketua Majelis Hakim Suwidya menambahkan, hukuman denda sebanyak Rp 10 miliar, dihapuskan. Lantaran Akil sudah mendapatkan vonis maksimal dalam perkara tersebut.

Sebelumnya, Akil Mochtar dituntut hukuman seumur hidup dan denda 10 miliar rupiah. Jaksa penuntut umum KPK menilai Akil terbukti menerima hadiah atau janji terkait pengurusan 15 sengketa pemilihan kepala daerah. Akil juga dinilai terbukti melakukan tindak pidana pencucian uang semasa menjadi anggota DPR dan Ketua MK.


Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Eps.2: Kuliah di UK, Cerita dari Rizki Putri Part 2

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17