Bagaimana Agar Rumah Aman Saat Lebaran?

KBR, Jakarta

NASIONAL

Kamis, 17 Jul 2014 14:14 WIB

Author

Khusnul Khotimah

Bagaimana Agar Rumah Aman Saat Lebaran?

rumah, lebaran, tips

KBR, Jakarta – Polisi akan melakukan operasi ketupat pada masa lebaran. Operasi ketupat dilakukan untuk menjaga keamanan rumah yang banyak ditinggalkan penghuninya ketika lebaran.

“Tentu juga sasaran dari target operasi ketupat adalah rumah-rumah tinggal. Rumah tinggal seperti di Jakarta yang dapat dikatakan hampir sekitar 60-70 persen pada saat liburan hari raya Idul Fitri itu  ditinggalkan penghuninya,“ kata Juru bicara Mabes Polri Boy Rafli Amar dalam konferensi pers terkait persiapan operasi ketupat Mabes Polri, Kamis (17/7) hari ini.

Ia menambahkan pihaknya meminta ketua RT/RW di masing-masing pemukiman mengkoordinir kegiatan keamanan atau Siskamling. Sementara itu petugas kepolisian di Polsek-Polsek akan melakukan patroli di kawasan pemukiman yang sudah diinventarisir.

Boy Rafli juga mengingatkan agar masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran meninggalkan rumah dengan rasa aman. Salah satunya yaitu dengan tidak membiarkan peralatan yang menggunakan listrik dalam keadaan menyala. Maka penghuni rumah harus mencabut stop kontak dan regulator saat mudik. Hal ini untuk menghindari bahaya kebakaran akibat konsleting listrik. Ini juga terkait dengan bahaya arus pendek karena itu listrik harus dicabut dari stop kontaknya. Selain itu juga regulator harus dicabut dari tabung kompor gas untuk menghindari ledakan.


Editor: Luviana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17