Untuk Kali Pertama, PBB Periksa Catatan HAM Indonesia

Wahid Institute berharap pemeriksaan catatan HAM Indonesia oleh PBB dapat membuat pemerintah peduli terhadap penegakan HAM di Indonesia. Untuk kali pertama, Komite HAM PBB akan memeriksa catatan HAM Indonesia pada 10 dan 11 Juli mendatang.

NASIONAL

Sabtu, 06 Jul 2013 22:42 WIB

Author

Dimas Rizky

Untuk Kali Pertama, PBB Periksa Catatan HAM Indonesia

PBB, catatan HAM, Wahid Institute

KBR68H, Jakarta - Wahid Institute berharap pemeriksaan catatan HAM Indonesia oleh PBB dapat membuat pemerintah peduli terhadap penegakan HAM di Indonesia. Untuk kali pertama, Komite HAM PBB akan memeriksa catatan HAM Indonesia pada 10 dan 11 Juli mendatang.

Koordinator Advokasi Wahid Institute, Subhi menilai, selama ini Pemerintah tidak pernah bertindak nyata dalam penegakan HAM, semisal dalam menjamin kebebasan beragama di tengah masyarakat. Salah satu kasus yang dia soroti adalah pelarangan ibadah haji bagi jemaah Ahmadiyah oleh Pemkab Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Ya sudah banyak buktinya. Hampir selama 10 tahun pemerintahan SBY ini apa sih yang dilakukan untuk menjamin penegakan hukum dalam menjamin kebebasan beragama misalnya. Yang ada justru hanya keprihatinan kemudian pernyataan-pernyatan yang normatif. Tapi apa itu dilaksanakan oleh aparat negara di lapangan? Tidak ada. Ini bukan pesimisme tapi memang sudah ada buktinya," ujarnya saat dihubungi KBR68H.

Pemeriksaan catatan HAM oleh PBB itu bagian dari persetujuan Indonesia untuk melaksanakan Konvensi Internasional tentang Hak Sipil dan Politik. Nantinya, Komite yang terdiri dari 18 ahli independen internasional akan bertanya kepada delegasi Indonesia soal pelaksanaan dan perlindungan HAM.

Editor: Suryawijayanti 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 10

Samoa Menetapkan Status Darurat Campak

Laporan Prakiraan Cuaca Sepekan Ke Depan Dari BMKG

Bakal Eksklusif, Masuk Pulau Komodo Mesti Pakai Membership?

Kabar Baru Jam 8