NASIONAL

Pembangunan Rumah Murah Terganjal Pembebasan Lahan

"KBR68H, Jakarta - Pelaksanaan pembangunan rumah murah untuk warga berpenghasilan rendah terkendala masalah pembebasan lahan."

Pembangunan Rumah Murah Terganjal Pembebasan Lahan
pembangunan, rumah murah, pembebasan lahan

KBR68H, Jakarta - Pelaksanaan pembangunan rumah murah untuk warga berpenghasilan rendah terkendala masalah pembebasan lahan. Proyek ini pun makin sulit terealisasi karena pemerintah daerah kerap mengincar sumber penerimaan untuk Pendapatan Asli Daerah dalam urusan pembebasan lahan.

Ketua Umum Asosiasi Pengembang Perumahan Seluruh Indonesia (APERSI) Eddy Ganefo meminta pemerintah serius melaksanakan urusan pembebasan lahan untuk kawasan perumahan serba murah. Pendapatan pemerintah daerah akan bertambah, jika kegiatan ekonomi bermunculan di kawasan pembangunan rumah murah.

“Umpanya nantinya disana PBBnya kecil. Maka dengan adanya perumahan, maka PBB nya akan melonjak. Dampak perekonomian disana jadi hidup ini menghasilkan PAD semua,” ujar Eddy Ganefo di Acara Talkshow Daerah Bicara KBR68H.

Ketua Umum Asosiasi Pengembang Perumahan Seluruh Indonesia Eddy Ganefo menambahkan, selama ini proyek pembangunan rumah murah juga mangkrak karena pengembang tidak mendapatkan banyak insentif dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Padahal, tak hanya harga lahan yang makin mahal, harga bahan bangunan pun juga semakin mahal akibat kenaikan harga BBM bersubsidi. Kondisi ini diperparah dengan banyaknya pemda yang tidak mau melepas lahan miliknya karena takut kehilangan sumber penghasilannya.

Editor: Doddy Rosadi

  • pembangunan
  • rumah murah
  • pembebasan lahan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!