Minuman Penambah Energi Tidak Pulihkan Konsentrasi saat Mudik Lebaran

KBR68H, Jakarta - Minuman berkafein dan berlabel penambah energi tidak bisa memulihkan konsentrasi saat berkendara mudik lebaran.

NASIONAL

Rabu, 31 Jul 2013 16:23 WIB

Author

M Irham

Minuman Penambah Energi Tidak Pulihkan Konsentrasi saat Mudik Lebaran

mudik lebaran, minuman energi, kafein, konsentrasi

KBR68H, Jakarta - Minuman berkafein dan berlabel penambah energi tidak bisa memulihkan konsentrasi saat berkendara mudik lebaran. Minuman itu hanya membangunkan syaraf otak dengan konsentrasi yang terus menurun. Ketua Indonesia Road Safety Association (IRSA), Rio Octaviano mengatakan, konsentrasi yang menurun saat mengendalikan kendaraan rawan memicu celaka.

“Jadi, dia pikir kalau sudah melek, sudah mampu berkendara. Tapi sebetulnya daya konsentrasi dia saat dia ngantuk dan dipaksa dengan minum-minuman makanan berkafein itu. Nah, itu daya konsentrasinya akan menurun, dan itu sangat bahaya. Yang lebih bahaya itu kan dia tak menyadari, daya konsentrasinya turun. Jadi satu-satunya cara, kalau ngantuk: Tidur,” kata Rio kepada KBR68H.

Ketua Indonesia Road Safety Association (IRSA) Rio Octaviano meminta kepada pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk tidak memaksakan diri, melanjutkan perjalanan dalam kondisi ngantuk. Kata dia, IRSA akan kembali mengkampanyekan hal ini untuk menekan angka kecelakaan mudik lebaran tahun ini.

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 13

Jakarta Tak Putus Dirundung Banjir

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Mendorong #Metoo di Industri Film Indonesia